Lihat ke Halaman Asli

Sendy Andriansyah

Mahasiswa Institut Pariwisata Trisakti

Sustainable Tourism/Wisata Berkelanjutan

Diperbarui: 4 Maret 2022   18:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pariwisata merupakan sumber devisa Negara terbesar. Oleh karena itu Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif/ (Kemenparekraf) mendorong pariwisata yang berkelanjutan atau sustainable tourism. Sehingga pariwisata Indonesia dapat berjalan bukan hanya saat ini atau beberapa tahun saja tetapi dapat berjalan dalam jangka panjang, agar dapat di nikmati oleh anak cucu kita nanti.


Sustainable Tourism memiliki aspek keberlanjutan antara lain aspek lingkungan, ekonomi, dan sosial budaya yang harus di jalankan oleh wisata dan warga yang tinggal di tempat wisata untuk pariwisata di masa sekarang dan di masa depan. Sustainable Tourism bertujuan agar meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif.

Dampak negatif : 

Terjadi kerusakan lingkungan alam dan kepadatan penduduk karena banyak wisatawan manca negara yang datang.

Dampak positif :

Terciptanya lapangan kerja, pelestarian alam dan meneruskan warisan budaya, pelestarian satwa liar, dan lain sebagainya.

Dalam Sustainable Tourism harus melakukan antara lain :

  1. Memanfaatkan dengan baik sumber daya lingkungan yang merupakan bagian penting dalam pariwisata, memelihara fasilitas wisata dan melestarikan warisan alam dan keanekaragaman hayati.
  2. Menghargai budaya serta kebiasaan masyarakat tuan rumah, melestarikan warisan budaya, norma tradisional yang mereka miliki, dan toleransi antar suku budaya.
  3. Memastikan ekonomi terus berjalan dalam jangka panjang, memberikan dampak ekonomi ke sekitar daerah tempat wisata yang terdistribusi dengan baik. Sehingga masyarakat yang tinggal di tempat wisata menjadi terbantu ekonominya.

Sustainable Tourism juga wajib memastikan kepuasan dan pengalaman yang baik ke wisatawan saat berwisata, meningkatkan kesadaran wisatawan tentang pentingnya Sustainable Tourism, sehingga mempromosikan pariwisata yang dikunjungi dan agar pariwisatanya berkelanjutan.

Di Indonesia sebenarnya sudah menerapkan wisata berkelanjutan dari dahulu dan masih terus hingga sekarang. Jadi Sustainable Tourism ini bukan hal baru bagi Pariwisata Indonesia. Berikut salah satu contoh Desa Wisata Indonesia yang menerapkan sustainable tourism.

1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok terletak di Klaten, Jawa Tengah. Penerapan sustainable tourism di Umbul Ponggok adalah pengelolaan berkelanjutan atau bisnis pariwisata. Sejak dahulu, tempat wisata ini memiliki potensi sumber air yang melimpah.

 Sehingga masyarakat memanfaatkan sumber daya air tidak hanya untuk kehidupan sehari-hari, namun juga dimanfaatkan untuk diving, tempat foto bawah air dan snorkling. Yang mengelola tempat wisata ini adalah masyarakat lokal desa. Dengan kerja keras masyarakat lokal menjadi pengelola tempat wisata ini sehingga menjadi sumber wisata penghasilan tertinggi.


2. Kampung Blekok

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline