Lihat ke Halaman Asli

Tim Dosen Fakultas Kedokteran UNNES Lakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Guna Pencegahan Hipertensi

Diperbarui: 7 September 2024   08:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Pada hari Kamis, 29 Agustus 2024 lalu tim pengabdian masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Semarang (UNNES) melakukan sosialisasi tentang pencegahan hipertensi bagi masyarakat Kelurahan Jatirejo, Gunungpati. Penyakit hipertensi masih menjadi masalah kesehatan utama yang perlu diatasi. Hal tersebut mendorong tim pengabdi dari prodi Farmasi UNNES, yaitu Senda Kartika Rakainsa, M.Pharm.Sc., Apt, Endah Widhihastuti, M.Sc., Apt, Safira Chairani Dimarti, M.Biomed., dan Aditya Arya Dewantara, M.Farm., Apt bersama para mahasiswa melakukan penyuluhan tentang pencegahan hipertensi dari segi pengaturan gizi dan pola hidup. Selain itu, disediakan juga cek tekanan darah, gula darah, dan asam urat gratis bagi masyarakat. Kegiatan yang bertempat di kantor Kelurahan Jatirejo ini diikuti oleh kurang lebih 30 orang perwakilan ibu-ibu PKK dan masyarakat umum dari kelurahan Jatirejo.

Masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut terlihat antusias dalam menyimak penyuluhan dan cek kesehatan. "Kami ingin membangun kesadaran masyarakat untuk melakukan cek kesehatan secara rutin, selain itu memberi pengetahuan kepada masyarakat untuk bisa mengatur pola makan untuk mencegah hipertensi", ungkap Senda Kartika Rakainsa, M.Pharm.Sc., Apt selaku ketua tim pengabdian. Tim Pengabdi juga dalam kesempatan ini memperkenalkan suatu metode diet "DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension)" yaitu pengaturan pola makan untuk penderita hipertensi di antaranya rendah natrium, rendah asam lemak jenuh, dan tinggi serat.

Lurah Jatirejo, Romadlon Eko Hariyono, S.Ag, M.M. sangat mengapresiasi kegiatan ini. Beliau berharap masyarakat bisa lebih memperhatikan kesehatannya dan menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah berbagai penyakit. Beliau juga berharap hubungan kerjasama Kelurahan Jatirejo dan Prodi Farmasi dan FK UNNES dapat ditingkatkan di masa mendatang sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup baik kesehatan, pendidikan, maupun ekonomi masyarakat Jatirejo.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline