Lihat ke Halaman Asli

Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Apa itu konsep? apa itu belajar? dan apa itu pembelajaran? di dalam artikel saya ini akan dibahas secara ringkas mengenai pengertian itu semua.

Untuk pertama yang akan dibahas adalah pengertian konsep terlebih dahulu. Setelah beberapa kali mencari bahan untuk mengartikan tentang pengertian konsep, akhirnya dapat disimpulkan bahwa konsep itu:

1. Konsep dapat didefinisikan sebagai suatu gagasan/ide yang relatif sempurna dan bermakna,

2. Konsep merupakan suatu pengertian tentang suatu objek,

Dari wikipedia bahasa Indonesia dijelaskan bahwa konsep merupakan abstrak, entitas mental yang universal yang menunjuk pada kategori atau kelas dari suatu entitas, kejadian atau hubungan.

Untuk yang selanjutnya akan dibahas mengenai pengertian belajar :

1. Behaviorisme, belajar adalah sebuah perubahanperilaku yang dapat diamati(observable) dan dapat diukur

2. Kognitivisme, dalam belajar proses berfikir bergantung pada suatukemampuan untuk mencipta, memperolehdan mengubah gambaran internal tentangsegala sesuatu yang dialami di

lingkungan. Dalam hal ini anak menjadi problem solver dan pemroses informasi.

3. Konstruktivisme, anak adalah pembangun aktifpengetahuannya sendiri. Pendekatanini menekankan keterlibatan anakdalam proses belajar. Proses belajarharus menyenangkan danmendukunganak untuk belajar.

4. Progresivisme, belajar adalah perubahan dalam polaberpikir melalui pengalamanmemecahkan masalah. Ketika anakmemecahkan masalah yangdihadapinya, ketika itu pula terjadiperubahan pola berpikir mereka.

Dan yang terakhir adalah pemaknaan mengenai pembelajaran. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Dalam konteks pendidikan , guru mengajar supaya peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seseorang peserta didik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline