Lihat ke Halaman Asli

Semuel Leunufna

You Will Never Win if You Never Begin

Prof. Ir. Jan L. Nanere Dalam Konteks Pengembangan Universitas Pattimura Ambon; Suatu Evaluasi dan Perjumpaan Pribadi

Diperbarui: 12 November 2022   21:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

S                                                                               Sumber:https://suaramalukudotcom.wordpress.com/2015/11/27/

Semuel Leunufna

Dosen Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Ambon

 

Pengantar

Kami  diundang  teman baik kami atau bekas room mate (teman sekamar tidur) kami,   Marthin Narere, PhD. untuk ikut terlibat dalam penulisan sebuah buku mengenang jejak hidup ayahnya Prof. Jan L. Nanere  bertepatan dengan ulang tahun Alamarhum.  Marthin atau nick name Decky Nanere, lengkapnya Ir. Marthin Nanere MSc. PhD. sudah satu semester berada di  Guelph atau University of Guelph, Canada  ketika penulis tiba untuk memulai tugas belajar pada lembaga yang sama awal tahun 1992. Marthin membantu mencarikan tempat tinggal yang baik dan kami berdua kemudian menyewa satu apartemen dengan satu kamar tidur, satu dapur dengan berbagai utensilnya dan satu ruang tamu di Jalan Kork Street tepat di pusat (downtown) Kota kecil Guelph (bersebelahan dengan satu shooping mall besar saat itu, Eaton Center), Propinsi Ontario, sekitar satu jam berkereta dari kota Toronto, Canada. 

Tanggapan penulis; "I am honored", merasa terhormat ikut mengisi buku yang ditulis dari sudut pandang (perpektif) dan pengalaman penulis tidak hanya dalam konteks sebagai  good friend nya Martin tetapi juga sebagai bawahan (staf pengajar muda saat kepemimpinan beliau), sebagai admirer (pengagum) tokoh Prof. J. L. Nanere yang pernah menjabat Rektor Universitas Pattimura Ambon maupun sebagai tokoh penting pendiri Community College, Politeknik Padamara Tobelo.  Penulis juga menyempaikan sedikit komentar terkait batasan yang diberikan, 300-500 kata, pada tulisan yang dibuat;  rasanya terlalu singkat untuk seorang tokoh yang bagi penulis sangat significant berpengaruh dalam pengembangan Universitas Pattimura. Namun penulis berjanji mematuhi aturan yang diberikan keluarga Nanere (melalui my friend Marthin). Tentu dengan maksud tidak berlebih mengambil halaman dari penulis lainnya yang ikut berkontribusi.

Pendahuluan

Semua tahu bahwa seseorang bisa menjabat posisi struktural apapun pada organisasi manapun tapi bukan merupakan pemimpin (leader) dalam definisi yang sebenarnya. Seorang pemimpin menerapkan prinsip-prinsip dan melaksanakan aktivitas kepemimpinan, yang saya maksudkan dalam konteks ini adalah  memberikan visi pengembangan, mengkoordinasikan perumusan program kerja, mengimplementasikan program pengembangan, memberikan motivasi dan kepercayaan bagi implementasi program, menciptakan suasana bagi munculnya kreatifitas, usulan konsep pengembangan, melobi, membangun kerjasama (khusunya secara internasional), mengupayakan penciptaan kepemimpinan masa depan dan seterusnya.  Kepemimpinan juga tentu menyangkut aspek karakter, kepribadian, nilai-nilai yang diususung yang menurut kami, meskipun agak sulit dinilai, dapat diamati dalam kehidupan.

Universitas Pattimura yang saat ini berumur hampir 60 tahun telah mengalami sejumah pergantian Rektor sejak  pemimpin pertama Ir. Nanlohy awal tahun 60-an kemudian Lestaluhu S.H. dan seterusnya. Setiap pemimpin Unpatti tentu akan menjelaskan torehan prestasi yang di capai, dalam pengamatan penulis Prof. Nanere memberikan peran dan kontribusi sangat signifikan (meminjam istilah statistika -- "berbeda sangat nyata") dalam pengembangan Universitas nomor satu di Maluku ini.

Tentu perlu dijelaskan bagaimana konklusi ini dicapai dan apakah pengamatan dan penilaian penulis dapat di akui (credible).  Penulis adalah Mahasiswa Angkatan 1982 Fakultas Pertanian, banyak berkecimpung dalam kegiatan kemahasiswaan co- dan extra kurikuler, sebagai ketua angkatan, 1982, pendiri dan ketua pertama himpunan mahasiswa agronomi (Himasami) Faperta Unpatti, ketua Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian, mahasiswa teladan dst., lulus tahun 1987 dan diangkat menjadi staf pengajar tahun 1989, peneliti Proyek Umbi-umbian Unpatti-USAID, pencangkokan (magang) Genetika, FMIPA IPB Bogor;  MSc., University of Guelph, Canada (dengan beasiswa CIDA); Pelatihan Konservasi SDG dan ketahanan pangan, Jerman (sponsor DSE/ZEL); PhD. Marthin Luther University Jerman, IPK Gatersleben, Jerman (Beasiswa DAAD dan biaya IPK Gatersleben). 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline