Lihat ke Halaman Asli

Buah yang Religius!

Diperbarui: 11 Maret 2017   16:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Buah ini mengingatkan orang untuk bersyukur kepada Pencipta buah (yang juga Pencipta manusia)….

Don’t everybody love pisang? Nih aku lagi makan pisang, salah satu buah yang paling enak. Buah ini enak: teksturnya lembut, rasanya beragam dari datar, asam, sampai manis. Belum lagi rasa sepat yang khas. Pisang bikin kenyang dan nyaman. Comfort food.

Tiap kali makan pisang, selalu teringat Pak Sulis. Entah karena siang itu lagi semangat belajar, entah karena lihat Pak Sulis selalu semangat menulis di papan, walaupun dia bisa aja dikte kita. Dia pernah bercerita:

Gedang, Javanese for pisang, punya etimologi yang menarik. Duluuuu seorang Belanda yang menjelajah rimba di Jawa kaget melihat pohon berbatang ramping warna hijau dengan setandan buah ranum. Dia memetik buah itu dan memakannya. Sebelum makan, dia mengucap syukur dalam bahasa ibunya, God, bedankt!

Konon, orang-orang Jawa yang ikut jelajah rimba itu ada yang dengar salah kutip. Jadilah buah dari pohon itu bernama gedang.

[caption caption="Nemu pisang pink di Jurong Bird Park, mau coba makan,  takut ketangkap CCTV terus diciduk polisi. Sumber: gravytation.blogspot.com"][/caption]Nah, kalau di tanah Sunda, gedang artinya pepaya. Tertebak deh, ada kisah orang Belanda yang makan pepaya di tengah rimba…




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline