Lihat ke Halaman Asli

Menjadi Wirausaha Sukses Melalui Media Sosial

Diperbarui: 25 Juni 2015   06:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1334864826484728045

Sejak zaman dahulu perekonomian telah menjadi obyek yang vital bagi semua manusia. Tidak ada seorangpun yang hidup yang bisa lepas dari bidang ini, karena perekonomian adalah salah satu kebutuhan untuk keberlangsungan kehidupan. Akan tetapi, masalah perekonomian adalah sebuah masalah klasik di setiap daerah bahkan Negara di seluruh penjuru dunia. Meskipun itu adalah masalah klasik di berbagai belahan Bumi, masalah tersebut tak kunjung usai. Mengapa ? karena pola berfikir masyarakat yang konsumtif sehingga masalah tersebut tidak ada habisnya. Namun, tidak bagi mereka yang berfikir produktif yaitu mereka yang berani berusaha dengan semaksimal mungkin untuk menciptakan usaha atau produk yang baru, mereka itu disebut Wirausaha. Sifat yang produktif membuat berbagai masalah kehidupan, khususnya dibidang perekonomian terasa mudah terasi karena didalam jiwa wirausahawan/wati terdapat pula optimisme yang luar biasa yang tidak semua orang memilikinya. Selain itu, Ia juga memiliki kesadaran yang tinggi untuk menemukan peluang-peluang dan membuat keputusan. Pembaca sekalian pasti juga pernah membaca atau mendengar kisah-kisah sukses dari orang-orang disekeliling anda atau di belahan Bumi yang berbeda. “Kesuksesan” adalah impian setiap insan, bagaimana dengan anda ?

Dewasa ini, perkembangan zaman pesat terasa dan telah menyandra sekaligus menenggelamkan tiap jiwa yang tidak kreatif dan inovatif. Berbagai kemudahan telah kita nikmati dan kita rasakan bersama, namun hal tersebut kelihatannya membuat kita semua terlena kecuali orang-orang yang berjiwa produktif yaitu wirausaha. Mereka lebih tahan banting menghadapi putaran waktu yang begitu cepat yang mana kecepatan perkembangannya bagaikan angin tornado yang siap menghempaskan siapapun yang tidak siap untuk menghadapinya. Meskipun perkembangan khususnya ilmu dan teknologi sangat begitu pesat, hal ini bukanlah menjadi masalah yang besar bagi wirausaha. Justru dengan adanya perkembangan IPTEK menjadikan mereka semakin pandai dalam mencari peluang dan membuat keputusan. Lihat saja, saat ini internet menjadi sebuah kebutuhan hampir di seluruh penjuru negeri Indonesia, bahkan masyarakat dunia. Berbagai kemudahan ada didalamnya, misalkan kita mencari sesuatu yang mungkin sulit untuk kita temukan disekililing kita, dengan tinggal memasukkan kata kunci yang kita inginkan di mesin pencari kemudian enter/search semua yang kita cari akan kita temukan, ribuan web/blog yang menginformasikan bahkan jutaan. Hebat bukan ? Akan tetapi, kiranya semua orang masih mengesampingkan peluang-peluang yang ada didalamnya. Malahan kebanyakan hanya menggunakan internet untuk buang-buang waktu atau hanya sekedar melepas kepenatan. Padahal ini adalah peluang emas untuk meraih kesuksesan, baik masih muda maupun tua. Selain itu, internet juga merupakan salah satu media sosial ngetren yang menghubungkan pengakses satu dengan pengakses yang lainnya tanpa batas, dengan berbagai bentuk termasuk majalah, forum internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, peringkat, online store dan bookmark sosial. Dan kesemuanya ini ada di internet.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan MarkPlus Insight, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2011 telah mencapai 55 juta orang yang mana naik 42 juta dari tahun sebelumnya. Sehingga dapat dikatakan hampir seperempat dari penduduk Indonesia telah menggunakan internet dengan berbagai kebutuhan. Ini merupakan angka fantastik dan juga merupakan peluang besar untuk meningkatkan usaha anda; baik usaha kecil-menengah ataupun yang sudah besar.

Misalkan :

Anda ingin meningkatkan pemasaran produk anda atau produk orang lain, sebut aja produk “A” padahal anda berlokasi didaerah pinggiran. Maka bandingkanlah bila anda memasarkannya langsung “face to face” pada konsumen. Bila satu hari anda hanya dapat memasarkan 10 produk dengan menawarkan pada 50 orang, maka pemasaran sekaligus pengiklanan produk anda pada hari itu hanya berkisar 50-80 orang(30 orang dari lisan yang anda temui). Sebaliknya bila pemasaran sekaligus pengiklanan anda juga melalui media online, maka pemasaran dan juga pengiklanan anda angka meningkat berlipat-lipat.

Dari contoh diatas dan untuk meringkas semua makna yang ada diatas maka terdapat beberapa manfaat bagi wirausahawan atau wati dan orang-orang yang ingin mengembangkan potensinya melalui media social 1. Dengan media sosial pemasaran dan pengiklanan semakin efektif dan efisien.

Pemasaran dan pengiklanan bila di ibaratkan bagaikan sebuah tangan karena melalui kedua inilah keberlangsungan bahkan kemajuan usaha akan terealisasi, anggaran kedua aspek ini dapat diminimalisir karena hanya membutuhkan dana yang sedikit. Selain itu, lebih efektif karena banyaknya pengakses dunia maya. dalam hal ini bisa melalui : web/blog, online store dan jejaring-jejaring sosial internet.

2. Dengan media sosial potensi yang ada dalam diri dapat tersalurkan

Setiap jiwa pasti mempunyai potensi, apalagi bila potensi tersebut telah diketahui maka tinggal menyalurkannya. Dan melalui media sosial kita semua dapat menyalurkan potensi yang ada dalam diri kita. 3. Dengan media sosial management atau pengelolaan lebih tertata.

Pengelolaan merupakan salah satu aspek vital dari usaha, pengelolaan akan semakin mudah dengan media sosial karena kita dapat dengan mudahnya memantau khususnya dalam pemasukan dan pengeluaran.

4. Dengan media sosial pengalaman semakin bertambah sehingga makin peka terhadap permasalahan-permasalahan.

Berbagai permasalahan baik dalam tubuh usaha maupun diluar usaha, baik masalah konsumen ataupun yang lainnya, dengan mudah kita ketahui di media social karena berbagai platform senantiasa menginformasikan pada onliners.

5. Dengan media sosial secara otomatis anda akan lebih mengetahui perkembangan kebutuhan masyarakat sehingga dapat menciptakan rencana strategis usaha anda.

Kebutuhan atau permintaan merupakan sebuah sumbu usaha, maksudnya dengan adanya kebutuhan maka seorang wirausaha akan berusaha memenuhinya.

6. Dengan media sosial kebutuhan lokasi strategis dapat diminimalisirkan.

Bila anda adalah wirausahawan/wati yang mempunyai lokasi yang tidak strategis maka hal ini dapat teratasi dengan media online karena dengan media tersebut semua lokasi dapat terjangkau dengan mudah karena tanpa batas.

7. Dengan media social(online store) kepercayaan kepada usaha anda akan semakin bertambah.

Usaha anda semakin dipercayai oleh konsumen dan investor, karena selain dapat menampilkan progam-progam usaha anda, juga dapat menampilkan produk atau jasa atau bidang kesosialan dan sebagainya dapat dilaporkan dengan mudah dan semua pihak dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun mereka berada.

Nah, sekarang masihkah ada keraguan dalam diri anda untuk mengembangkan usaha anda melalui media sosial. Masihkah bimbang untuk menjadi wirausaha sukses melalui media sosial. Semoga tulisan ini menjadikan refleksi bagi kita semua untuk mengembangkan potensi yang telah ada dalam diri kita. . . .

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline