Lihat ke Halaman Asli

Peran Penting Pancasila Sebagai Dasar Negara di Era Globalisasi

Diperbarui: 12 Maret 2023   21:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

-Pancasila sebagai dasar negara
Setiap negara di dunia ini memiliki dasar negara yang dijadikan sebagai landasan menjalankan pemerintahan negara. Indonesia contohnya, Pancasila berfungsi sebagai ideologi  yang mengatur penyelenggaraan negara. Seperti pada alinea keempat pembukaan UUD 1945 berbunyi: "Maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu UUD negara Indonesia yang berbentuk dalam suatu sususnan negara."
Setiap sila dalam Pancasila memiliki kandungan nilai moral masing-masing di mana nilai-nilai tersebut harus ditanamkan dalam diri masyarakat Indonesia sejak dini agar tercipta kehidupan masyarakat yang harmonis, dan selaras.

-Apa itu Globalisasi?
Globalisasi adalah kata yang diserap dari kata "global" yang artinya meliputi seluruh dunia atau secara keseluruhan. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia, dengan kata lain Globalisasi adalah memudarnya batas negara - negara. 

Singkatnya Globalisasi adalah proses menyatunya seluruh negara yang ada di dunia karena adanya kemajuan pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebenarnya, globalisasi adalah hal yang sangat bermanfaat karena bisa mendorong interaksi yang terjadi antara manusia dan juga bisa mempercepat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di seluruh negara. 

Namun, globalisasi membuat mudahnya budaya asing atau informasi asing untuk masuk ke dalam negeri. Masuknya informasi dan budaya asing ini bisa menjadi berbahaya dan mengancam ketahanan nasional apabila tidak kita sikapi dengan bijaksana.

Berikut adalah beberapa tantangan Pancasila di era globalisasi:

Munculnya ideologi baru: masuknya pemahaman dan ideologi baru yang berkembang di Indonesia yang sebenarnya tidak sejalan dengan ideologi Pancasila.

Adanya demoralisasi: menurunnya kesadaran moral pada masyarakat yang membuat adanya tindakan yang tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial.

Westernisasi: adanya penerapan budaya Barat yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang belum tentu sesuai dengan nilai yang ada pada Pancasila.

Dalam menghadapi tantangan-tantangan ini, perlu adanya kesadaran dan keterlibatan masyarakat dalam mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila. 

Selain itu, perlu juga dukungan dari pemerintah dan lembaga-lembaga terkait untuk mengembangkan kebijakan-kebijakan yang mengakomodasi nilai-nilai Pancasila dan mempertahankan keberlangsungan nilai-nilai tersebut dalam era globalisasi. Di tengah arus globalisasi ini, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan ideologi Pancasila:

1. Menolak ideologi dan pemahaman baru yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline