Lihat ke Halaman Asli

Selvy Ani

PMM MITRA DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Mahasiswa PMM UMM Beri Pendampingan Pembuatan E-Modul kepada Guru SMA Negeri 2 Batu

Diperbarui: 26 Desember 2021   16:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi E-Modul oleh DPL/dokpri

Kota Batu, Malang, Jawa Timur-Saat ini dunia pendidikan di Indonesia khususnya, harus dihadapkan dengan situas yang sangat baru. Karena adanya pandemi Covid-19 yang kian meluas penyebarannya, sehingga mempengaruhi pada kegiatan belajar mengajar. 

Akibat dari pandemi ini,  dunia pendidikan juga dihadapkan pada era New Normal. pembelajaran dilakukan secara bergantian, dimana sebagian siswa melaksanakan pembelajaran secara daring dan siswa lainnya melaksanakan pembelajaran secara luring.

Namun, adanya pandemi ini tidak menyurutkan kreatifitas dalam dunia pendidikan.  Meskipun Sempat terjadi banyak kelumpuhan diberbagai sektor, pendidikan harus bisa tetap berjalan. Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa harus tetap berjalan meskipun dengan keterbatasan. 

Melalui program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai salah satu program pengganti KKN di tengah pandemi Covid-19, Mahasiswa kini dapat terjun lagsung kepada masyarakat khususnya guru untuk memberikan keterampilan pada proses pembelajaran yang cenderung menggunakan daring (dalam jaringan). 

Kegiatan dilakukan oleh kelompok PMM Mitra Dosen yang diselenggarakan di SMA Negeri 2 Batu, Jl. Hasanudin, Junrejo, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur . 

Kelompok PMM Mitra Dosen ini beranggotakan 5 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan jurusan Pendidikan Matematika dan Fakultas Teknik jurusan Teknik Elektro; Selvy Ani, Hairrunisah, Ryan Haqiqi, Nurislami Rusyda, Maslacha Nurkofifa. Program Pengabdian Masyarakat (PMM) ini dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) dari Fakultas FKIP, Drs. M. Mahfud Effendi, MM dan Reni Dwi Susanti, S.Pd., M.Pd.  

Kegiatan pembuatan e-modul ini dilaksanakan pada tanggal 28 September sampai dengan 10 Desember 2021 di SMA Negeri 2 Batu. 

Koordinator PMM Mitra Dosen-UMM Selvy Ani menyampaikan bahwa program kerja PMM ini merupakan suatu program dengan memberi pelatihan serta pendampingan kepada guru-guru dalam pembuatan e-modul berbasis Open-Ended dengan memberikan template, merancang materi sesuai template, dan menyusun E-Modul pada aplikasi Sigil.

Pemilihan materi E-Modul/dokpri

"Setelah acara sosialisasi serta pemilihan materi pelatihan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan praktek langsung dan membantu para guru dalam pembuatan e-modul. kami juga memberikan edukasi kepada para guru bagaimana cara menggunakan serta memaukkan konten atau komponen pada template E-Modul pada Aplikasi Sigil .Kegiatan ini berlangsung selama 2 bulan dengan diikuti oleh 6 guru yang masing-masing membuat satu E-Modul dengan format .epub. Format E-Modul ini dapat digunakan siswa dan kapan saja dan dimanapun, karena E-Moduk ini dapat diakses melalui HP ataupun komputer oleh siswa, sehingga menjadikan pembelajaran dapat dilakukan siswa kapanpun. E-Modul ini juga dilengkapi dengan soal-soal evaluasi.Kegiatan ini dimaksudkan agar para guru mendapatkan keterampilan baru untuk menghadapi pembelajaran era New Normal di tengah pandemi Covid-19." ujar Selvy.

Kelompok PMM Mitra Dosen-UMM ini juga membuat akun instgram agar dapat bisa diakses kapanpun dan dimanapun, semua informasi seputar PMM Mitra Dosen-UMM akan selalu di update melalui akun Instagram:pmm_mitra.dosen_sman.02.batu




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline