Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa dan Anak Muda dalam Bernegara

Diperbarui: 6 September 2022   08:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mahasiswa merupakan aset penting bagi sebuah negara, begitu juga dengan Indonesia. Mahasiswa adalah penerus bangsa dan negara, maka dari itu sikap mahasiswa, karakter mahasiswa sangat berpengaruh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dikemudian hari.

Sungguh miris, sikap anak muda sekarang yang semakin banyak melakukan penyimpangan dan jauh dari norma norma yang ada, karakter mahasiswa yang semakin menurun, dan bahkan yang dirasa yaitu hilangnya karakter itu sendiri dalam jiwa anak muda jaman sekarang. 

Sebuah karakter akan terbentuk melalui berbagai pendidikan, dengan banyak pendidikan begitu pula banyak ilmu yang akan didapat dan mampu menjadi bekal dalam penanaman karakter. Dan tidak lupa juga pastinya akan banyak melibatkan banyak pihak, lalu siapa saja yang akan terlibat? Pihak yang akan terlibat dalam penanaman karakter ini ada dari keluarga, sekolah atau kampus, lingkungan dan masyarakat.

Lalu, apa hubungan karakter mahasiswa ini dalam kehidupan berbangsa dan bernegara? Hubungannya adalah karena mahasiswa ini sebagai penerus bangsa. Yang akan mengatur negara ini pasti generasi muda jaman sekarang. Kehidupan bangsa ini dimasa depan ada ditangan anak muda sekarang. 

Maka dari itu penanaman karakter pada anak muda ini harus ditanamkan dan dipikirkan dengan serius. Dalam bernegara anak muda dan mahasiswa ini juga akan erat kaitannya dengan kehidupan bernegara.

Tapi tidak jarang pula anak muda termasuk remaja dan mahasiswa saat ini banyak yang melakukan banyak penyimpangan dan tidak sesuai dengan norma norma yang ada dimasyarakat. Dan ini menjadi pr yang besar bagi negara ini, Indonesia. 

Berbagai penyimpangan ini seperti salah satu kasus remaja ber KTP di bandung yang terinfeksi HIV, dan ini menjadi salah satu penyimpangan yang begitu besar dikalangan anak muda sangat bertentangan dan jauh dari norma masyarakat yang ada, ditambah lagi ini melanggar hak asasi.

Kasus ini menjadi masalah yang serius, karena dari anak mudanya sendiri yang dimana anak muda ini menjadi masa depan bangsa dan negara bisa memlakukan penyimpangan yang begitu besar, kurangnya pengetahuan mengenai HIV ini yang menjadi salah satu penyebabnya, kurangnya edukasi seks pada anak muda, pergaulan bebas dan berbagai penyebab lainnya. 

Anak muda harus diberi pengetahuan mengenai seks bebas dan bahaya dari pergaulan bebas untuk menjaga agar anak muda jauh dari berbagai peyimpangan yang ada.

Tidak pantas rasanya bila negara dengan mayoritas penduduk muslim seperti Indonesia anak mudanya justri melakukan penyimpangan yang jauh dari norma masyarakat dan aturan agama yang berlaku, Indonesia negara dengan mayoritas penduduk muslim ini dirasa harus mampu menjadikan anak mudanya yang taat aturan, mengerti bahwa mereka tidak boleh melakukan hal yang bertentangan dengan moral bangsa indonesia.

 Penanaman moral dan keyakinan beragama harus bisa menjadi identitas dari anak muda bangsa Indonesia yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline