Lihat ke Halaman Asli

Selvia Yuliantika

Marketing Communication/Indobot Academy

Panduan Memahami Dasar-dasar Microcontroller untuk Pemula

Diperbarui: 7 November 2023   16:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source : canva.com 

Microcontroller atau mikrokontroler adalah komponen elektronik yang menjadi otak dari banyak perangkat elektronik yang kita gunakan sehari-hari. Meskipun terlihat kompleks, pemahaman dasar-dasar microcontroller dapat menjadi dasar yang sangat berguna jika Anda tertarik untuk memahami lebih dalam tentang dunia elektronik dan bahkan mengembangkan proyek-proyek sendiri. Artikel ini akan membantu pemula memahami dasar-dasar microcontroller.

Apa Itu Microcontroller?

Microcontroller adalah semacam komputer kecil yang terintegrasi dalam sebuah chip tunggal. Mereka dirancang untuk mengontrol perangkat elektronik tertentu dengan mengambil input dari berbagai sensor atau perangkat, memproses data, dan mengeluarkan output sesuai dengan program yang telah ditentukan. Microcontroller dapat ditemukan dalam berbagai perangkat, termasuk peralatan rumah tangga, mobil, perangkat medis, dan banyak lagi.

|Baca juga Perbedaan dengan Mikroprosesor dan Mikrokontroler

Komponen Utama Microcontroller

Microcontroller terdiri dari beberapa komponen utama, di antaranya:

  1. Central Processing Unit (CPU): Ini adalah "otak" dari microcontroller yang bertanggung jawab untuk menjalankan instruksi dan melakukan semua perhitungan.

  2. Memori: Microcontroller memiliki dua jenis memori utama: Program Memory (tempat program yang akan dijalankan disimpan) dan Data Memory (tempat data yang digunakan oleh program disimpan).

  3. Input/Output (I/O) Pins: Ini adalah pin yang digunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat luar, seperti sensor dan aktuator.

  4. Clock Source: Microcontroller memerlukan sumber waktu (clock) untuk menjalankan instruksi dengan benar.

  5. Peripherals: Microcontroller sering dilengkapi dengan berbagai perangkat keras tambahan, seperti komunikasi serial, PWM (Pulse Width Modulation), dan lain-lain.

|Baca juga Macam-macam mikrokontroler terfasilitasi Wi-Fi

Penerapan Microcontroller

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline