Lihat ke Halaman Asli

Selsa

TERVERIFIKASI

blogger

Pemaksaan Terselubung dari Pembelian KFC

Diperbarui: 25 Juni 2015   04:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13388972171612462530

Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada hari minggu 3 Juni 2012 setelah jalan - jalan di pusat pertokoan, aku meluluskan permintaan anakku untuk makan siang di gerai Kentucky Fried Chicken (KFC) yang berada di Jl. Pemuda no. 12 Magelang. Segera aku pesan 2 ayam dan 1 nasi untuk anakku, karena aku memang jarang makan nasi di siang hari. Namun petugas disana menyarankan aku pesan paket 2 ayam (dada atas) , 1 nasi, kentang goreng (regular) plus 2 minuman yang boleh memilih (mirinda atau pepsi). Dan akhirnya aku memang memilih paket itu. Kemudian pegawai itu menghitung total biaya harga pesananku dan katanya Rp 70.000. Awalnya aku agak kaget, tapi rasanya malu kalau mau tanya mengapa harga pesanan itu "agak" mahal dibanding biasanya, yang aku perkirakan sekitar Rp 50.000. Namun segera aku menyodorkan uang padanya, dan dia memberikan beberapa keping kaset CD agar aku memilih satu diantaranya sebagai bonus, lalu dia sibuk mengambilkan pesananku. [caption id="attachment_185962" align="aligncenter" width="300" caption="dok.pribadi"][/caption] Setelah semua lengkap pegawai itumemberikan struk pesananku seraya berkata " Maaf ibu, di struk ini muncul pembelian kaset CD, padahal ini bonus dan sudah termasuk harga ayamnya." [caption id="attachment_185953" align="aligncenter" width="300" caption="dok.pribadi"]

1338895699940039486

[/caption] Aku bertambah kaget tentunya setelah mendengar penuturan pegawai itu, apalagi melihat harga kaset CD yang Rp 31.000. Aku bertanya pada pegawai itu " Mas maaf seandainya saya nggak ambil kaset CDnya bagaimana?". Pegawai itu menjawab " Wah bu ini sudah termasuk harga ayam, cuma di struk muncul sendiri." "Oh ya sudah " jawabku agak kecewa, namun karena merasa ini sudah ketentuan dari pihak KFC yah mau nggak mau aku harus terima. Aku berpikir ini kecerobohanku kenapa tidak minta keterangan mengenai harga terlebih dahulu pada pegawainya. Aku sangat menyayangkan pembelian kaset CD ini terkesan dipaksakan. Sebenarnya bukan masalah nilai harga yang kemudian aku ingin tulis disini, tapi aku merasa kasihan andai suatu saat ada pembeli yang yang tidak terbiasa atau malah belum pernah membeli makanan di KFC terus mengalami kejadian seperti ini. Belum tentu pembeli makanan di KFC ini juga menginginkan kaset CDnya. Ini yang perlu dicermati pihak KFC, agar tidak semena - mena dalam menawarkan produknya. Semoga kejadian yang kualami ini tidak dialami pula orang lain.

Makan siangku di KFC  itu sekaligus jadi pelajaran buatku agar tak mudah menerima penawaran - penawaran yang berhadiah (berbonus).

*********************

salam senja selsa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline