Lihat ke Halaman Asli

[Resensi] Buku "Alien Terakhir" -- Pemenang FFA FC 2013

Diperbarui: 14 Juli 2015   09:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Buku "ALien Terakhir" pemenang seleksi FFA FIksiana 2013 |Foto: Indria Salim"][/caption]

Liburan sekolah cukup panjang. Aku sangat senang, karena banyak sekali kegiatan yang bisa kulakukan tanpa harus memikirkan tugas dan pekerjaan rumah (PR) dari sekolah. Salah satu kegiatan favorit, ya membaca – dari buku terbaru, sampai membaca ulang buku dan majalah koleksi lama.

 

Aku mau menceritakan buku spesial nih, judulnya “Alien Terakhir”. Buku terbitan DAR!  MIZAN ini berisi kumpulan cerpen fantasi karya penulis yang tergabung dalam Fiksiana Community yang  telah lolos seleksi lewat ajang  Festival Fiksi Anak (FFA) tahun 2013. Sebenarnya aku menyukai semua ceritanya, tapi ada beberapa yang paling berkesan sih.

 

Salah satu cerita yang berkesan padaku adalah berjudul “Benalu dan Pohon Mangga Pak Jon”. Kisah ini menceritakan tentang benalu yang katanya ingin menumpang sebentar di dahan pohon Mangga, eeh, tidak menepati janjinya. Benalu pintar berbicara, sehingga pohon Mangga selalu mengalah. Akibatnya Pohon Manga jadi kurus karena makannnya diambil benalu. Tetapi saat pak Jon memotong habis Benalu, Benalu baru tahu rasa. Aku merasa senang dengan pohon Mangga, karena dia baik hati, tapi sangat malang karena kebaikan hatinya dimanfaatkan oleh Benalu. Aku sangat mendukung pak Jon, karena dia memotong habis Benalu. Jadi ikut puas rasanya hehe.

 

Kemudian, “Serbuk Pelangi dan Peri penjaga”. Seorang anak nakal yang mengetahui bahwa dirinya punya peri penjaga yang lemah, karena tidak pernah berbuat kebaikan. Untunglah, habis itu, anak nakal itu berubah.

 

Selain kedua cerita tersebut, ada lagi, favoritku, yaitu “Berkunjung ke Negeri Permen”. Di cerita ini selain lucu dan bagus ceritanya, juga mengingatkan agar rajin menggosok gigi, lho! Di cerita ini yang malas menggosok gigi adalah kembar nakal yang sangat dibenci semua orang , maupun di dunia permen dengan dunia nyata. Hayo, siapa yang malas gosok gigi, nanti nasibnya sama lho, seperti si kembar di cerita “Berkunjung ke Negeri Permen”, hehe.

 [caption caption="Buku "ALien Terakhir" pemenang seleksi FFA FIksiana 2013 |Foto: Indria Salim"]

[/caption]
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline