Lihat ke Halaman Asli

Facebook Mendunia...Uwaw!!

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Internet pada masa kini seperti menjadi sesuatu yang must know n must have item!! Pengertian internet itu sendiri sebenarnyamerupakan jaringan komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai macam informasi, mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya. Internet berasal dari kataInterconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit, dan lainnya.

Internet bisa diibaratkan seperti handphone. Saya dan teman-teman bahkan keluarga dekat pasti selalu membawa handphone kemanapun. Tak peduli apakah nanti ada sms ataupun tidak, yang penting handphone tetap di tangan.

Betapa tidak, dimanapun kita berjalan melenggang melangkahkan kaki pasti melihat pemandangan baik anak kecil, remaja bahkan orangtua sekalipun menggenggam handphone. Tebak situs apa yang mereka buka. Facebook!! Ini fakta. Facebook sudah merajalela. Itulah yang dapat saya katakan sekarang. Saya tidak munafik, saya sendiri juga sering mengecek akun facebook saya, bahkan disela-sela pelajaran saat kuliah. Hehee. Rasanya penasaran ketika kita sudah mengirimkan komen atau wall pada teman di akun,,kemudian menunggu balasan.

Namun tidak semua yang berbasis internet berdampak buruk. Bahkan bisa dibilang facebook sebagai perantara yang sangat menguntungkan dalam hal promosi barang maupun bisnis. Banyak sekali kenalan saya di facebook yang bekerja sebagai wiraswasta seperti bisnis gelang, seprei (bed cover), fashion, sepatu lukis dll. Facebook juga berfungsi sebagai media informasi jika kita selalu mengisinya dengan berita yang up to date lalu tag-lah ke teman-teman akun sehingga informasi itu bisa bermanfaat untuk banyak orang. Atau dapat juga berbagi puisi atau cerpen kepada teman-teman akun untuk mewakili perasaan mereka dan jadikan komentar dari teman-teman sebagai motivasi bahwa kita tidaklah selalu sendirian.

Ini pengalaman saya. Adik saya baru kelas 4 SD, kira-kira umurnya 9 tahun. Pernah suatu kali dia meminta saya untuk membuatkannya facebook. Saya berusaha mengelak karena saya pikir dia tidak bisa mengoperasikannya secanggih anak-anak seusia saya. Tetapi adikku mahir dalam pengoperasian komputer, menghubungkan semua kabel laptop ke layar monitor. Ckckck.. Teknologi menaklukkan anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun.

Ber-internet kadang membuat anak lupa waktu untuk belajar. Mereka terlalu asyik mengutak-atik akunnya sampai lupa waktu. Orangtua saya pun terkadang sampai capek menasihati adik saya. Akhirnya, beliau mengambil jalan pintas. Memutus jaringan internet tanpa sepengetahuan kita (anak-anak). Waw, cara yang cukup cerdas.

Lewat facebook pula mereka yang masih lajang bisa menemukan jodohnya kemudian menikah dan hidup bahagia. Lewat facebook pula kita bisa nerinteraksi dengan seseorang dari luar negeri. Guru saya pernah bercerita bahwa muridnya pernah berkenalan dengan seseorang dari belahan dunia lain. Ketika anak itu ulang tahun, si bule mengirimkan hadiah berupa handphone pada anak tersebut.

Keuntungan lain jika kita berinteraksi dengan orang asing, kita bisa belajar bahasa mereka. Kita bisa bercerita tentang Indonesia, saling bertukar informasi tentang kebudayaan. Waah,, sebenarnya jika kita mengoptimalkannya dengan baik, banyak manfaat yang bisa kita ambil dari mengakses situs facebook. Tambah teman, tambah duit, tambah informasi, tambah pengalaman juga.

Jadi main facebook jangan hanya komen atau nulis sesuatu di dinding,, tapi manfaatkan untuk promosi. Itung-itung buat nambah penghasilan kaaan..

Selamat mencoba..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline