Lihat ke Halaman Asli

Selly Fitriyani Wahyu

Undergraduate Student of Padjajaran University

WALHI: Selamatkan Bumi Lewat Produk Jurnalisme

Diperbarui: 22 Juni 2022   16:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perubahan iklim menjadi ancaman yang kerap luput dari mata publik. Foto: Unsplash

Isu perubahan iklim kian menerpa miris. Ancaman tersebut menggerogoti lengan jurnalis untuk turun tangan menggaungkan kesadaran.

Tantangan jurnalis dalam menghadapi disrupsi digital makin berat, manakala harus menemukan cara untuk menggugah selera baca publik terkait isu perubahan iklim. Kian merisaukan, perwakilan WALHI Jawa Barat, Meiki W Paendong angkat suara dalam Talkshow Parade Jurnalistik 2022. 

***

Penyebab dari perubahan iklim bermula dari pemanasan global yang makin hari mengganas. Setelah ditelaah kembali, adanya kenaikan suhu bumi memberikan dampak yang berujung menjadi perubahan-perubahan cuaca yang tidak lazim atau perubahan iklim (climate change). 

Pemanasan global secara ilmiah sudah banyak dibahas dalam jurnal ilmiah dan sains. Selain terjadi akibat faktor alamiah, perubahan iklim dipicu juga dari perilaku-perilaku manusia yang berkembang. Namun, isu lingkungan dalam ranah media kerap minim tersorot dan kalah pamor.

Kalah Sanding dengan Isu Sosial 

 Perwakilan WALHI Jawa Barat, Meiki W Paendong bahas isu lingkungan dalam produk jurnalistik. Dokumentasi: Selly Fitriyani Wahyu

Direktur Eksekutif WALHI Jawa Barat Meiki W Paendong mengungkapkan tantangannya dalam menyalakan api kepedulian publik terhadap isu lingkungan. 

Minimnya jurnalis yang mengangkat topik lingkungan digadang-gadang sebagai penyebab tidak acuhnya masyarakat terhadap kondisi alam terkini.  

"Kalau yang saya rasakan isu-isu yang terkait dengan lingkungan hidup dan perubahan iklim masih kalah dibandingkan dengan isu-isu lainnya di luar itu, seperti politik, entertainment, dan sosial. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline