Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan kemampuan Kognitif

Diperbarui: 24 Juni 2015   04:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Manusia mengembangkan kemampuannnyabukan hanya dari visual nya tapi juga secara kognitif mereka memiliki dasar untuk mengembangkan ide – ide dan fikiran – fikiran serta mengexplorasi yang ada dalam dirinya. Kemampuan secara kognitif yang mambantu dalam mengetahui perolehan informasi, untuk dapat di kembangkan melalui eksplorasi diri dan penekanan dalam diri manusia. Kemampuan secara kognitif yang memiliki tujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai sudut pandang seseorang mengenai perkembangn masa hidup.

Dalam perkembangan kognitif banyak dalam diri manusia yang dapat berubah dan menjadi berkembang.Dalam prkembangan kognitif dan pembentukan perubahan yang terjadi dalam satu tahan ke tahap yang lainnya, yang bersifat kuantitatif.

Sebab berubahnya suatu pemikiran kognitif dengan belajar. Pemikiran – pemikiran yang memiliki banyak pokok persoalan dan peristiwa – peristiwa yang terjadi. Pembahasan mengenai perubahan yang di pengaruhi oleh biologis dan lingkungan. Kemampuan konitif lebih besar berdominan pada biologis. Perkembangan kognitif berkaitan dengan pertanyaan mengenai perubahan proses – proses perhatian dan dengan bertambahnya usia.

Perubahan perubahna kognitif merupakan perubahan yang mendominasi cara kerja dan beringkah laku, ketika seorang memiliki kemmpuan yang lebih dan optimal dalam mengembangkannya maka hasil yang di dapatkan secara maksimal dan perubahan – perubaahan dalam dirinya juga berdampak positif, ketika perubahan yang baik dan mampu mengeksplorasi dengan baik maka akan berpebgaruh pada orang lain, dan tingkah laku, pemikiran dan lain – lain mampu mengoptimalkan serta membnatu memberikan ide – ide yang baik serta tindaakan yang optimal akan mnjadi lbih bermanfaaat untuk diri sendiri dan ornag lain.

Manusia mengolah informasi dengan berbagai pandangan cara berfikir dan mengembil suatu keputusan. Dan mengolah segala informasi dan pengetahuan yang di perolehnya.

Penelitian tentnag perubahan kognisi dalam kaitanyya dengan usia membutuhkan eksplorasi sistematis terhadap berbagai proses yang berbeda. Kita hanya akan mengekspplorasi sebagai proses tersebut, dan terbatas pada rentang usia tertentu, dari masa prasekolah hingga dewasa. Intinya, kita mneitiberatkan pada kemampuan kognitif dasar yang melibatkan prolehan informasi dari lingkungan dan penyimpanannya, serta manipulasi informasi dalam memori. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran mngenai bagaimana sudut pandang kognitif berguna untuk memahami beberapa aspek penting perkembangan manusia. (Solso, P:378.2007)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline