Lihat ke Halaman Asli

Selly Pramuswari

Universitas Negeri Malang

Pengaplikasian Komik MEKEJA: Mencegah Kenakalan Remaja Berbasis QR-Code di SDN 2 Sukorejo Blitar

Diperbarui: 13 November 2023   09:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar. Proses implementasi Program Pengabdian Mahasiswa (PPM) Universitas Negeri Malang (UM) Pada tahun anggaran 2023 dengan judul proposal " Mekeja : Komik Edukatif berbasis Qr-Code Sebagai Solusi Pencegahan Kenakalan Remaja di SDN Sukorejo 2 Blitar" dilakukan pembelajaran 1 pada hari Kamis, 21 September 2023.

Pada pertemuan pertama ini, materi yang dibahas ialah mengenai Bullying. Kegiatan di mulai pukul 11.00 sampai pukul 12.00. Kegiatan pertama yaitu pembukaan pembelajaran yang dilanjutkan dengan doa Bersama. Setelah itu tim memulai penjelasan materi mengenai bullying seperti pengertian bullying, contoh bullying di sekolah, dan dampak bullying.

Selain menyimak materi siswa diajak untuk menonton film kartun mengenai bullying lalu dilanjurkan dengan berdiskusi mengenai bullying yang pernah mereka temui dan cara untuk mengatasinya. Lalu siswa juga diajak untuk bermain role playing atau bermain peran dengan kelompoknya masing-masing. Siswa sangat antusias ketika diajak bermain peran siswa juga mengaku menjadi lebih paham mengenai apa itu bullying dan dampaknya bagi korban. Selain itu siswa juga mengaku lebih paham bagaimana cara mengatasi ketika mereka melihat kasus bullying ataupun sedang mengalaminya.

Setelah pemaparan materi selesai, siswa dan tim melakukan sesi tanya jawab dan juga curhat. Lalu dilanjutkan dengan pembagian kenangan dan penutupan pembelajaran hari ini. Selain itu, tim juga menginformasikan materi pada pertemuan mendatang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline