Lihat ke Halaman Asli

Sella Turrohma

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Filsafat Pendidikan tentang Aliran Progresivisme dan Tokoh Filsufnya

Diperbarui: 7 Mei 2020   12:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

 Assalamualaikum wr.wb

Saya selaturrohmah akan memaparkan sedikit pengetahuan saya tentang aliran progresivisme dan tokoh filsuf nya. Mari kita simak berikut ini;)

A. Pengertian progresivisme 

Progresivisme merupakan teori yang muncul dalam reaksi terhadap pendidikan tradisional yang menekankan pada metode pengajaran. pada teori ini  pada dasarnya menekankan pada prinsip antara lain yaitu pertama proses pendidikan berawal dari berpikir pada peserta didik. Kedua  peserta didik adalah suatu yang aktif bukan yang pasif. Ketiga  peran guru hanya sebagai fasilitator, mendidik, dan mengarahkan. Keempat sekolah harus menciptakan iklim yang bersifat kooperatif dan demokratif 

B.  tokoh-tokoh aliran filsafat progresivisme

1. William James ( 1842-1910)

 William James berpandangan menegaskan agar fungsi otak atau pikiran itu dipelajari sebagai bagian dari mata pelajaran pokok dari ilmu pengetahuan.

2. John Dewey (1859-1952)

Teori John dewey berpandangan tentang sekolah adalah yang lebih menekankan pada anak didik dan minatnya dari pada mata pelajarannya sendiri.

3. Hans Vaihinger (1852-1933)

Hans Vaihinger berpendapat bahwa menurutnya tahu itu hanya mempunyai arti praktis. Perrsesuaian dengan obyeknya tidak mungkin dibuktikan.

Sekian...Terimakasih telah membacanya Semoga bermanfaat:)

Wassalamualaikum wr.wb




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline