Lihat ke Halaman Asli

Sella Turrohma

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Aliran Filsafat Eksistensialisme dan Tokoh Filsufnya

Diperbarui: 29 April 2020   12:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Assalamualaikum wr.wb

Saya Selat Rohmah akan memberikan sedikit pengetahuan tentang filsafat eksistensialisme dan tokoh filsuf nya. Mari kita simak berikut ini;)

A. Pengertian aliran eksistensialisme

Eksistensialisme diartikan manusia berdiri sebagai diri sendiri dan keluar dari dirinya. Manusia sadar bahwa dirinya ada. Subjek manusia bukan hanya subjek manusia yang berpikir tetapi juga individu yang melakukan yang merasa dan yang hidup. Nilai utama eksistensialisme biasanya dianggap sebagai kebebasan tetapi sebenarnya di nilai tertinggi adalah otentitas.

B. Tokoh- tokoh eksistensialisme

1. Soren Aabye Kierkegard

Ia berpendapat bahwa setiap individu bukan masyarakat atau agama bertanggung jawab memberikan makna bagi kehidupan dan juga menghidupkan secara otentik.

2. Martin Biber

Menurut Biber makna relasi tidak bisa bergerak di tempat karena jika bergerak di temapat maka relasi tersebut tidak berati. Relasi yang indah terwujud dari relasi timbal balik sebab melalui relasi timbal balik manusia mempunyai jaminan indahan terhadap eksistensi manusia yang setiap saat berjumpa dengan manusia lain.

3. Martin Heidegger

Martin heidegger berpendapat bahwa segala sesuatu yang berada diluar manusia selalu dikaitkan dengan manusia itu sendiri dan benda-benda yang ada di luar manusia baru mempunyai makna apabila dikaitkan dengan manusia. Jadi intinya dunia ini bermakna Karena manusia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline