Lihat ke Halaman Asli

Kelompok 13 KKN FE Desa Warung Menteng Memperkuat Ciri Khas Daerah dengan Membuat Inovasi Sari Pala

Diperbarui: 29 Agustus 2023   16:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Bogor, 13 Agustus 2023 - Kelompok KKN Tematik Desa Warung Menteng Cijeruk bersama dengan pelaku UMKM Pala melakukan inovasi produk pala dengan membuat sari pala. Sari pala ini memiliki beberapa manfaat kesehatan, diantaranya untuk melindungi tubuh dari peradangan dan bertindak sebagai antidepresan.

Pembuatan sari pala ini dapat dilakukan dalam waktu satu hari. Pembuatan sari pala ini cukup mudah dilakukan. Sari pala ini dibuat dengan menggunakan buah pala dan bahan-bahan pelengkap lainnya. Terdapat 4 tahapan dalam membuat sari pala. Tahapan pertama, yaitu membersihkan dan memisahkan pala dari bijinya. Tahapan kedua, yaitu menghancurkan buah pala dengan blender. Tahapan ketiga, yaitu mengambil sari pala dengan menyaring pala yang telah diblender. Tahapan keempat, yaitu merebus sari pala dan bahan pendukung lainnya.

Sari pala dapat dinikmati dengan atau tanpa es batu. Sari pala yang dinikmati dalam keadaan dingin akan menambah kesegaran pada saat mengkonsumsinya. Sari pala ini haruslah disimpan dalam kulkas agar dapat bertahan lama.

Percobaan pertama dalam inovasi sari pala yang dilakukan oleh kelompok KKN Tematik Desa Warung Menteng Cijeruk dengan pelaku UMKM Pala ini sudah hampir berhasil hanya perlu sedikit penyempurnaan lagi. Inovasi sari pala ini direncanakan agar dapat memiliki daya saing yang tinggi dalam pasar agar dapat terus mengembangkan potensi buah pala. Selain itu, agar dapat mengenalkan bahwa produk pala merupakan produk khas dari Desa Warung Menteng Cijeruk.

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline