Lihat ke Halaman Asli

selichaplin

panjang umur perjuangan

Pansos Boleh, Caranya Harus Elegan

Diperbarui: 3 November 2022   17:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tribun jateng

Dunia maya hari-hari belakang lagi dimeriahkan oleh sosok Bunda Corla. WNI yang tinggal dan bekerja di Jerman sana. Perempuan kelahiran Medan itu bikin ramai jagat maya karena sering melakukan siaran langsung lewat akun Instagramnya.

Gayanya yang apa adanya dan terkadang nyeleneh, menghibur pengikutnya dan ratusan ribu rakyat Indonesia. Belakangan, akunnya makin ramai karena aksi ajaibnya menerima tantangan mendapat saweran dari selebriti atau influencer tanah air.

Nominalnya juga nggak tanggung-tanggung. Sampai ratusan juta dan dikirimkan langsung ke rekening milik keponakannya di Indonesia. Sikap rendah hati Corla ini pun menuai banyak pujian. Banyal yang mengatakan, bunda Corla ini tulus dan nggak mata duitan.

Nah dari ketenarannya itu, banyak akun-akun centang biru alias artis tanah air yang disebut pansos dengan mengaku kenal dekat sama Bunda Corla. Lewat siaran langsungnya, si Corla ini nggak jarang membela.

Katanya, dia nggak peduli kalau ada yang mau pansos. Kalau memang itu membawa rejeki si tukang pansos, ya gak masalah. Asalkan jelas dan nggak memanfaatkan namanya untuk hal tak benar. Misalnya pansos dengan cara menjelek-jelekkan. Keren.

Sepertinya itu juga yang baru-baru ini lagi dirasakan oleh Ganjar Pranowo. Tak ada angin tak ada hujan, Ganjar disentil oleh anggota dewan yang terhormat. Katanya, Ganjar sering tak ikut rapat paripurna.

Cuplikan interupsi dari anggota dewan fraksi Partai Kebangkitan Bangsa itu juga sudah diunggah oleh akun Tiktok partai yang diketuai Muhaimin Iskandar. Katanya, karena Ganjar sering mangkir paripurna menyebabkan pembahasan RKPD Jateng untuk 2023 pun tak kunjung ditandatangani.

Kalau diusut dari pemberitaan, Ganjar tak ikut paripurna karena mendampingi Menpora Zainudin Amali untuk menutup acar festival Pelajar Nusantara di Kota Solo. Setelah itu, dia roadshow melihat industri porang di Sukoharjo.

Sebenarnya nggak melenceng amat dari tugasnya sebagai kepala daerah kan. Ganjar kunjungan ke daerah yang dia dengar ada industri porang yang berhasil mengolah porang jadi bermacam olahan turunan. Pas dengan isu krisis pangan yang mengancam dunia.

Apalagi kalau menurut Sekda Jateng yang mewakili Ganjar di paripurna hari itu, sang gubernur selalu mengikuti update dari tiap paripurna. Ganjar juga tak pernah absen di paripurna yang memang mengharuskan dirinya hadir langsung.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline