Lihat ke Halaman Asli

Asupan Bergizi Hasil Produksi Lebah

Diperbarui: 17 Juni 2015   14:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Jaman sekarang, sudah terdapat banyak makanan ataupun minuman olahan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Terutama sekarang ini merupakan musim yang tidak menentu, sehingga selain pola hidup yang sehat, harus dilengkapi juga dengan asupan yang bergizi dan memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Tentunya semua orang lebih memilih untuk mencegah daripada mengobati, sehingga mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi menjadi pilihan utama bagi seluruh manusia.

Makanan yang sehat dan bergizi tersebut, dapat diperoleh dari makanan yang berasal dari tumbuhan ataupun dari hewan. Lebah merupakan salah satu jenis hewan yang menghasilkan nutrisi dengan berbagai jenis untuk makhluk hidup. Hasil makanan yang dikonsumsi oleh manusia dan berguna bagi tubuh yang berasal dari lebah ada bermacam-macam, yaitu madu, royal jelly, bee pollen, dan propolis.

Madu merupakan hasil produksi lebah yang paling dikenal dan paling banyak dikonsumsi oleh manusia. Madu memiliki banyak manfaat bagi tubuh disamping rasanya yang manis, sehingga banyak yang mengkosumsinya langsung ataupun dicampurkan dengan makanan atau minuman. Manfaatnya antara lain, menyembuhkan radang pada gusi dan mulut, sariawan, sulit tidur/insomnia, dan dapat berguna sebagai pengganti gula.

Selain madu hasil produksi lebah lainnya adalah royal jelly. Jaman sekarang tentunya sudah banyak yang mengenal royal jelly. Makanan tersebut juga berasal dari lebah, namun bukan sembarang lebah melainkan lebah raja, sehingga namanya pun royal jelly. Menurut seorang ahli madu dari Thailand, royal jelly yang sering dikenal juga sebagai susu lebah, pada awalnya hanya dapat dikonsumsi oleh lebah ratu atau larva lebah yang masih berumur kurang dari 3 bulan. Royal jelly tersebut memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Khasiat dari  royal jelly antara lain, sebagai pembersih pembuluh darah untuk menolong menstabilkan kolesterol dan hipertensi, dapat menurunkan kadar gula dalam darah, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan daya ingat, dan masih banyak yang lainnya. Royal jelly dikenal sebagai suplemen dengan bervitamin dengan konsentrasi tinggi yang bekerja dalam tubuh secara alamiah melalui sistem syaraf dan proses metabolisme.

Hasil dari lebah lainnya yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh adalah bee pollen. Banyak yang mengatakan bahwa bee pollen merupakan superfood atau makanan super yang berasal dari lebah. Bee pollen itu sendiri merupakan hasil dari serbuk sari bersama nektar dan liur lebah terkumpul kemudian disimpan pada kantung pollen yang terdapat pada kakinya, oleh karena itu pada awalnya banyak yang mengira bahwa bee pollen merupakan residu dari lebah. Namun ternyata bee pollen adalah makanan yang memiliki manfaat paling banyak bagi tubuh karena kandungan Fitonutrien yang jumlahnya ribuan di dalamnya.

Khasiat dari bee pollen itu sendiri sangatlah banyak, yaitu dapat meningkatkan daya berpikir dan daya konsentrasi, meningkatkan stamina tubuh, meningkatkan daya kekebalan tubuh, mencegah kerontokan rambut, mengobati dan mencegah gangguan pada THT, dan masih banyak yang lainnya. Saya pun sudah mengkonsumsi makanan berkhasiat dari lebah tersebut dan tentunya khasiatnya dapat saya rasakan.

Begitu banyak manfaat dan khasiat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi produk hasil dari lebah. Oleh karena itu, ayo menjaga kesehatan dan memberikan asupan gizi yang baik dari tubuh dengan mengkonsumsi hasil produksi dari lebah yang alami ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline