Lihat ke Halaman Asli

Teori lev vigotsky dan piaget tentang perkembangan sosial kognitif

Diperbarui: 19 Januari 2025   19:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh utama dalam psikologi perkembangan yang mengajukan teori berbeda tentang perkembangan sosial dan kognitif. Berikut adalah penjelasan teori mereka serta perbandingan keduanya:

Teori Lev Vygotsky (Sosial-Kultural)

Vygotsky percaya bahwa perkembangan kognitif sangat dipengaruhi oleh interaksi sosial dan budaya. Beberapa poin penting:

1. Peran Interaksi Sosial

Menurut Vygotsky, belajar terjadi melalui interaksi dengan orang lain, terutama yang lebih berpengalaman, seperti orang tua, guru, atau teman sebaya.

Anak-anak memperoleh keterampilan kognitif dan sosial dengan mengamati, meniru, dan berkolaborasi.

2. Zone of Proximal Development (ZPD)

ZPD adalah jarak antara apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri dan apa yang dapat dicapai dengan bantuan dari orang lain (scaffolding).

Melalui bantuan ini, anak dapat mencapai tingkat pemahaman yang lebih tinggi.

3. Scaffolding

Scaffolding adalah dukungan sementara yang diberikan oleh orang dewasa atau teman sebaya yang lebih kompeten. Dukungan ini berkurang seiring anak menjadi lebih mandiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline