Lihat ke Halaman Asli

Lima Foto yang Membuat Kamu Bertanya di mana Pemerintah Indonesia

Diperbarui: 27 Oktober 2015   08:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bjorn Vaughn

Kota Palangkaraya di Kalimantan Tengah menguning diliputi kabut asap akibat kebakaran hutan berskala besar. Juru kamera dan fotografer, Bjorn Vaughn, merekam kehancuran dan kesedihan kota dalam sejumlah foto.

"Saya mencintai Indonesia dan saya cinta Kalimantan. Orang-orang, budaya, hutan, orang utan, dan keindahan alamnya. Saya menyadari seberapa cepat semua itu menghilang," katanya kepada BBC Indonesia.

Berkewarganegaraan Inggris-Amerika, Bjorn Vaughn lahir di Spanyol dan dibesarkan di Jerman. Dia pernah tinggal di berbagai negara, namun dalam enam tahun terakhir menetap di Kalimantan sebagai bagian dari rumah produksi Borneo Productions International.

Melalui foto-fotonya, Vaughn mengajak kita berempati terkait situasi di Kalimantan, khususnya Palangkaraya. Sesekali, ia pun mengalami sesak napas sebagaimana warga lainnya.

 

1. Foto ‘Magma Mini’ di Lahan Gambut

 

Lahan gambut yang terbakar di Kalimantan Tengah. Bjorn Vaughn mengatakan ini tak ubahnya seperti dengan aliran lava yang apinya membuncah ke luar. "Seperti gunung api mini yang mengeluarkan magma, memakan vegetasi di atasnya. Beginilah kebakaran gambut bekerja, dan pemadam kebakaran kewalahan memeranginya."

Sebagai juru kamera, dia sering melihat langsung kebakaran hutan dan menyadari betapa sulitnya memadamkan api di lahan gambut.

"Saya berharap bahwa foto-foto ini membuat orang merasakan apa yang saya rasakan ketika memotretnya. Kehancuran, kesedihan, dan harapan. Saya harap sejumlah gambar ini bisa meningkatkan kesadaran dan mungkin bisa membuat orang tergerak - sama seperti foto-foto ini menggerakan saya - sehingga ini tak lagi terjadi."

 

 

2. Foto Pria dengan Mesin Pemotong Kayu

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline