Lihat ke Halaman Asli

Selamet

TERVERIFIKASI

Indonesia

Kombinasi Mantap, Teknologi dengan Desain di Samsung Galaxy S6 & S6 Edge

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1426752132261144676

Anda Pengguna Smartphone? Sudah tahukan anda tentang Samsung Galaxy S6 & S6 Edge?

Samsung Galaxy S6 & S6 Edge adalah generasi terbaru dari Smartphone Samsung seri Galaxy S. Mungkin sebagian ada yang bertanya, kenapa ada seri Edge? Apakah jaringannya hanya untuk Edge? Edge disini bukanlah jaringannya masih Edge atau 2G, namun semua tipe yakni Samsung Galaxy S6 & S6 Edge sudah bisa untuk jaringan 4G LTE.

Spesifikasi Samsung Galaxy S6 & S6 Edge

Untuk awal Review, kita bisa lihat Spesifikasi dari kedua jenis Smartphone ini, baik Samsung Galaxy S6 maupun S6 Edge.


Kalau kita lihat detail spesifikais di atas, perbedaan dari dua jenis smaprtphone ini tidak terlalu banyak; yakni hanya pada Jenis layar, Bobot, Ketebalan dan Baterai. Untuk melihat perbedaan layar, bisa kita lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya.

[caption id="attachment_356369" align="alignnone" width="601" caption="Beda Desain Layar (doc:metrotvnews)"]

1426750317477804004

[/caption]

Nah, kalau kita lihat dari gambar maka bisa terlihat perbedaan awal yang bisa kita tangkap adalah pada layar yang berbeda pada Samsung Galaxy S6 mapun S6 Edge. Ini tentu menjadi pilihan tersendiri bagi setiap orang yang ingin tampilan layarnya dual edge seperti pada Samsung Galaxy Edge.

Baterai juga adalah hal yang menjadi pembeda, namun hanya berbeda 50 mAh. Bobot dan ketebalan yang membedakan adalah hal yang umum pada sisi desain maupun pada kapasitas baterai yang berbeda pada jenis Smartphone ini.

Kuat dan Elegannya Body Desain

Kalau kita melihat jenis Smartphone Samsung Galaxy sebelumnya, maka akan sangat berbeda dalam hal body desain. Adanya body metal merupakan keunggulan yang ada pada Samsung Galaxy S6 & S6 Edge dibandingkan yang lainnya, karena diklaim 50% lebih kuat untuk menjaminnya tak bengkok.

[caption id="attachment_356371" align="alignnone" width="662" caption="Teknologi 3D Thermoforming (doc:metrotvnews)"]

142675041438731979

[/caption]

Untuk melindungi layar dukungan Corning Gorilla Glass 4 dapat menjadi  proteksi tersendiri karena layar adalah hal yang cukup penting dalam interaksinya dengan pengguna. Sedang pada jenis Samsung Galaxy S6 Edge dalam membuat cekungan di sisi-nya ternyata menggunakan teknologi 3D Thermoforming dengan panas hingga 800 derajat celcius untuk menghasilkan kaca yang kokoh. Jadi Kokohnya kaca pada layar tentu tak dapat diragukan lagi selain kenyamanan interaksi dengan pengguna Smartphone ini.

Tampilan layar akan berubah jika dilihat dari sudut berbeda, hal ini karena adanya dukungan kaca yang menggunakan Micro Optic Layer On-glass. Jadi kita tak perlu menggunakan pelindung layar yang akan memperlihatkan tampilan gelap jika dilihat dari sisi lain.

Jaminan Kualitas Teknologi

Selain body desain yang menarik, kuat dan elegan saat dipegang; hal lainnya yang umumnya jadi pertimbangan pengguna Smartphone adalah tentang teknologi yang ada pada Smartphone tersebut. Teknologi di Samsung Galaxy S6 & S6 Edge merupakan teknologi terbaru yang dikembangkan oleh Samsung.

Teknologi jaringan terbaru tentunya adalah hal yang wajib ada untuk smrtphone baru yang muncul, jaringan 4G LTE yang merupakan jaringan terbaru yang dikembangkan di Indonesia sudah ada di dua jenis Smartphone ini. Meski masih hanya sebagian daerah yang dijadikan tempat untuk pengembangan jaringan ini, namun bisa jadi dengan bertambahnya waktu jaringan 4G LTE bisa menyebar ke seluruh Indonesia.

Kalau kita lihat spesifikasi di atas tadi, kita bisa melihat memory internal yang lumayan besar untuk kita menyimpan berbagai data di dalam Smartphone ini. Maraknya pengembangan teknologi charge baterai, membuat Samsung juga mengagas hal baru dalam Samsung Galaxy S6 & S6 Edge. Pengisian Baterai dapat lebih cepat yakni pengisian baterai hanya 10 menit dapat digunakan untuk pemakaian normal selama 4 jam.

Jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, seri terbaru ini lebih irit baterai dan cepat dalam melakukan aktivitas  performanya naik 20% dengan dukungan chipset berteknologi 14nm disertai RAM DDR4. Kecepatan dan iritnya daya juga hal penting di jaman sekarang dimana banyak orang yang suka bepergian dan kadang kehabisan daya umumnya disiasati dengan adanya power bank. Adanya Scanner sidik jari juga menjaga keamanan untuk akses Smartphone ini.

Hal lainnya adalah adanya teknologi wireless charging dapat memudahkan kita dalam melakukan pengisian baterai karena tak perlu repot dengan kabel untuk pengisian, maka hanya dengan menaruh Smartphone ini sesaui jangkauan wireless charging, maka akan membuat Smartphone ini terisi baterainya.

Kamera adalah hal yang cukup penting bagi pengguna Smartphone di jaman menjalarnya budaya Selfie ini. Untuk kamera belakang 16 MP dan kamera depan 5 MP. Pada Kedua kamera tersebut menggunakan teknologi lensa aperture f/1,9 dengan didukung Low Light Mode. Jadi obyek dengan pencahayaan redup pun dapat diambil gambarnya. Proses merekam juga akan lebih cepat yakni hanya 0,7 detik untuk kita mulai merekam.

Perkembangan uang digital yang lebih ringkas saat ini membuat adanya sistem pembayaran digital pula. Samsung mengembangkan Samsung Pay, yakni sisitem pembayaran via mobile dengan menggunakan kedua jenis Smartphone ini.

Pada Samsung Pay, disematkan teknologi MST (Magnetic Secure Transmision) yakni teknologi transmisi dengan menggunakan sistem gelombang Magnetik untuk keamanannya pada mesin pembayaran. Setelah mengakuisisi LoopPay, Samsung menambahkan teknologi NFC dalam Samsung Pay meski teknologi ini belum banyak yang menggunakannya. Namun untuk menangkap peluang teknologi masa depan hal ini mungkin sebagai langkah Samsung untuk membaca hal itu dari sekarang. Selain autentifikasi dengan sidik jari, Samsung Pay dipastikan aman karena menggunakan enkripsi untuk nomor kartu kredit atau debit yang dikoneksikan dengan Samsung Pay.

NEXT IS NOW!

Next is Now adalah jargon untuk marketing produk Smartphone terbaru ini. Apa yang dimaksud Next is Now? Kita dapat membaca ulasan singkat ini yakni tentan bagaimana Samsung coba menyematkan teknologi masa depan yang sudah diterapkan Samsung mulai saat ini di Smartphone andalannya ini.

Optimisme jargon ini bisa dilihat dari pernyataan JK Shin (CEO Samsung Electronics)
“Ini dia, Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Tak ada ponsel lain yang bisa menandinginya”; di Barcelona saat mempromosikan Smartphone terbaru ini. Oleh karenanya wajar banyak permintaan konsumen hingga Samsung kewalahan dalam memenuhi.

Kolaborasi Teknologi dan Desainnya yang Mantap membuat Samsung Galaxy S6 & S6 Edge layak disebut Smartphone masa depan yang sudah ada saat ini, sesuai jargonnya Next is Now!

[SH]

Bacaan PENTING Lainnya:

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline