Lihat ke Halaman Asli

Selamet

TERVERIFIKASI

Indonesia

Kebijakan Baru Bank Muamalat Kurang Informatif?

Diperbarui: 25 Juni 2015   07:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1333516645557391125

Bank Muamalat adalah Bank pertama di Indonesia yang menerapkan sistem Perbankan Syari’ah. Sistem ini pun mulai dikembangkan juga oleh Bank Konvensional. Bank-bank papan atas Indonesia mulai membuka “genre” bank Syari’ah. Hingga saat ini Perkembangan sistem perbankang syriah telah meluas dan membuat kompetisi semakin menggelora.

Saya merupakan nasabah Bank Muamalat sejak sekitar 2006 munculnya Bank Muamalat di daerah saya. Awalnya menabung di Bank ini selain penasaran dengan sistem Syari’ah-nya adalah alasan yang hampir sama untuk hampir semua mahasiswa adalah tidak adanya potongan administrasi bulanan hingga mudahnya tarik tunai di hampir semua ATM yang ditemui.

Namun hal itu rasanya tak berlaku lagi di bank yang memiliki motto “pertama murni Syari’ah” ini. Mulai beberapa tahun belakangan seiring berkembangnya Bank Muamalat, mulailah dikenakan sistem potongan administrasi tiap bulan di tabungan Shar’e. Hal ini tak menjadi hal yang berarti bagi saya, karena mudahnya Kartu  ATM Muamalat diterima di berbagai ATM Bank di Indonesia menetapkan saya masih berkecimpung alur uang di Tabungan Bank Muamalat.

[caption id="attachment_169926" align="aligncenter" width="450" caption="Website Bank Muamalat Indonesia (doc. muamalatbank)"][/caption]

Kemarin (3 April 2012) saya melakukan tarik tunai di salah satu ATM. Yang saya heran, ternyata ada potongan tiap saya melakukan tarik tunai. Hal ini segera saya konfirmasi ke Bank Muamalat melalui website-nya. Saya mengisi kotak pertanyaan di form “contact us” namun ternyata form yang saya isi ketika ditekan tombol kirim di layar akan muncul perintah seperti database error. Saya lalu coba mencari alamat email resmi Bank Muamalat. Di seluruh web resmi Bank Muamalat ini ternyata tidak ada informasi tentang email resmi Bank Muamalat. Lalu saya mencari hingga menggunakan mesin pencari Google, ternyata tidak ditemukan juga. AKhirnya saya mencoba menggunakan official twitter dan facebook, mulanya saya khawatir karena update informasi dan interaksi Bank Muamalat di halaman official baik di twitter ataupun facebook sangat jarang sekali hingga banyak pula pertanyaan nasabah yang tak terjawab. Saya pun mencoba hingga memang benar jawaban-nya tak cepat.

Namun saat saya mencari di twitter, ada akun twitter milik pegawai di bank Muamalat. Saya mencoba bertanya dan akhirnya segera dapat jawaban. Ternyata Tepatnya tanggal 1 april 2012 yang lalu Bank Muamalat menetapkan kebijakan yang baru, yakni adanya potongan biaya administrasi bila tarik tunai di ATM. Hal yang aneh bagi kita semua, Bank sebesar Muamalat yang menajdi percontohan Bank Syriah di Indonesia tidak menampilkan email resmi di halaman website-nya. Hal penting tentang kebijakan bank yang baru pun tak segera disosialisaikan.

[caption id="attachment_169928" align="aligncenter" width="544" caption="Info dari Pegawai Bank Muamalat (doc. twitter)"]

13335167911761711176

[/caption]

Semoga bermanfa’at, Salam Senyum Kompasiana!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline