Lihat ke Halaman Asli

Pertunjukan Seni dari Para Murid Saung Angklung Udjo

Diperbarui: 14 November 2022   00:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam rangka mengenalkan ragam seni Sunda yang terkenal ke mancanegara, mahasiswa pertukaran INBOUND UPI mengadakan kunjungan ke Kampung Udjo atau Saung Angklung Udjo. Kunjung ke Saung Angklung Udjo di Cibeunying Kidul Bandung, Jawa Barat pada Minggu 6 November 2022 Mahasiswa-siswi yang berjumlah 92orang itu berkesempatan mengenal kekayaan seni Sunda dengan menyaksikan pentas Seni yang secara reguler digelar oleh Saung Angklung Udjo.

Seluruh hadirin tampak terkagum-kagum melihat para Murid Saung Angklung Udjo mulai dari balita, anak-anak, remaja, hingga dewasa menampilkan kemahirannya dalam memainkan berbagai macam jenis angklung. Penampilan yang ditampilakan oleh para muri-murid Saung Angklung yaitu dengan persembahan tarian dari dua orang murid yang diiringi alat music yaitu angklung. Ada persembahan tarian topeng dari Cirebon, Manado, Bungoing Jeumpah Aceh, Medan, DKI Jakarta, Sulawesi, Bali dan Papua.

Penampilan ini menampilakan tidak hanya dari satu Pulau saja, namun beberapa Pulau yang ada di Indonesia sebagai bentuk pelestarian budaya. Kampung Udjo Saung Angklung ini sudah dikunjungi dari beberapa kota bahkan Luar Negri. Di ujung pertunjukan, seluruh hadirin diberi kesempatan untuk belajar memainkan angklung di bawah arahan Sandi Udjo, cucu dari pendiri Saung Angklung Udjo, Udjo Ngalagena.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline