Lihat ke Halaman Asli

Ikutan Vaksin Kanker Serviks atau Mending Beli BB atau Gadget yang Lain...

Diperbarui: 26 Juni 2015   11:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Saat ini kanker serviks termasuk top dalam jajaran penyakit kanker pada wanita di Indonesia. Di RSCM sendiri angkanya ranking satu pada wanita. Kebanyakan ditemukan pada stadium lanjut, itu tidak enaknya. Praktisi kesehatan di lapangan sering sekali mendapati seorang wanita sudah masuk pada stadium lanjut. Padahal secara umum pada semua jenis kanker, termasuk kanker serviks khususnya semakin lanjut stadiumnya akan semakin rendah angka "survival" nya atau sering diterjemahkan secara bebas dalam bahasa Indonesia sebagai angka ketahanan hidup dalam suatu satuan waktu.

"Dalam ....... menit, paling tidak ada satu orang wanita meninggal akibat kanker serviks di Indonesia" begitu bunyi slogan yang sering terdengar. Slogan ini sungguh tidak berlebihan...Pada kenyataannya di negara kita dimana skrining terhadap kanker serviks, seperti pap smear misalnya, bukan merupakan suatu hal yang membudaya, bukan suatu "program pemerintah yang wajib" alias bukan "policy" Depkes yang utama, mungkin karena di negara kita pada kenyataannya pemerintah masih disibukkan dengan masalah tingginya penyakit infeksi, yang harus ditanggulangi..

"Hmmm, jadi harga untuk vaksin kanker serviks lengkap yaitu 3 kali, sekitar.Rp....(harga sebuah BB yang bukan high-end)" Wah....mahal juga ya....(sementara sambil main BB atau Gadget yang lain....) --Sungguh suatu hal yang membutuhkan suatu kesadaran komunitas yang tinggi...suatu hal yang harusnya selalu dikampanyekan, merupakan tantangan dan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan "komponen masyarakat lain" yang berhubungan dengan kesehatan, menanamkan paradigma bahwa pencegahan tetap lebih baik dari pada mengobati bila sudah terjadi....apalagi bila stadium sudah cukup lanjut. Beli BB atau gadget apapun memang lebih terasa enak....Padahal kanker serviks saat ini adalah satu-satunya kanker yang mempunyai vaksin yang terbukti secara ilmiah mampu mereduksi kanker serviks.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline