Lihat ke Halaman Asli

Kedekatan Komunikasi Politik dan Media Massa

Diperbarui: 24 Juni 2015   05:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Secara sederhana Komunikasi Politik merupakan komunikasi yang melibatkan pesan-pesan politik,aktor politik atau berkaitan dengan kekuasaan pemerintahan dan kebijaksanaan pemerintah.Komunikasi Politik juga bisa di pahami antara yang memerintah dan di perintah.
Dalam hal ini komunikasi Politik mempunyai kedakatan terhadap media massa,dimana media massa mempunyai posisi yang sangat strategis baik upaya penyebarluasan informasi maupun menumbuhkan citra.
Pada dasarnya Komunikasi Politik jaman modern saat ini merupakan komunikasi politik melalui media massa tidak terkecuali termasuk kampanye pemilihan.Hal ini mengambil titik berat atas keberadaan media massa dalam konteks secara umum,dan kampanye pemilihan secara khusus.
Dalam konteks pemilihan,termasuk pemilihan anggota Legislatif maupun pemilihan pejabat eksekutif terlihat jelas bahwa kampanye pemilihan diupayakan dengan mengunakan berbagai teknik pemasaran politik.Selain hal ini keterkaitan media massa dalam kajian komunikasi politik,tampaknya juga semakin bervariasi,termasuk misalnya pembangunan demokrasi,konflik dan integrasi,demonstrasi,pemilihan umum serta sosialisasi dan partisipasi politik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline