Lihat ke Halaman Asli

Nostalgia: Mengenang Kembali Moment Indah Masa Kecil di Bulan Ramadhan yang Tak Akan Pernah Terlupakan

Diperbarui: 2 April 2023   23:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Berburu Tanda Tangan Imam Shalat Tarawih Sumber Foto: Facebook @kenangan anak 90an

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa dan spesial serta paling dinanti kehadirannya oleh seluruh umat Muslim. Tak heran jika moment indah masa kecil saat bulan Ramadhan itu teringat kembali ketika sudah dewasa.

Ramadhan tahun ini jatuh pada tanggal 23 Maret 2023 tepat sehari setelah aku berulang tahun yang ke-22. Menurutku, Ramadhan tahun ini merupakan kado terindah dari Allah, karena diumur  yang sekarang ini Allah ijinkan aku bertemu kembali dengan bulan Ramadhan yang sangat istimewa ini. Aku bersyukur telah dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan.

Di meja tempat belajar, aku pun termenung dan teringat kembali akan moment indah masa kecil di Bulan Ramadhan yang tak akan pernah aku lupakan.

Dulu, saat aku masih kecil ketika aku berusia 9 tahun aku mulai belajar untuk berpuasa. Meskipun pada saat itu, aku masih berpuasa setengah hari atau dalam istilah Jawanya "Puasa Mbeduk" yang artinya berpuasa tapi hanya setengah hari.

 Baru puasa sebentar saja sudah terasa lapar dan haus. Jadi, aku berpuasa dari pagi sampai adzan Dzuhur lalu lanjut puasa lagi di sore hari hingga adzan Magrib. Begitulah puasanya si gadis kecil yang kini membuatku tertawa ketika mengingatnya kembali.

Dulu, saat aku masih kecil bapak selalu memarahiku ketika aku meninggalkan sholat wajib 5 waktu. Aku selalu menuruti perintah bapak karena tidak ingin kena pukul. Bapak selalu menasihatiku untuk terus belajar mengaji dan ikut mengaji saat acara tadarus Al-Quran setelah sholat tarawih selesai di musholla dekat rumah. Setelah mengaji aku lalu diperbolehkan untuk bermain dengan teman-teman namun tidak sampai larut malam hanya sampai jam sepuluh saja setelah itu kita pulang.

Moment indah masa kecil di bulan Ramadhan itu memang seru dan menyenangkan tidak seperti sekarang yang sudah dewasa rasanya jauh berbeda. Dulu, saat masih kecil tarawih bareng teman-teman seumuran. Kita selalu berkumpul bersama di musholla dekat rumah sebelum dan sesudah sholat tarawih. 

Namun, kini ketika sudah dewasa teman-teman entah kemana sudah berpencar dan kita berpisah karena telah menemukan tujuan hidupnya masing-masing. Ada yang sudah kuliah, ada yang sudah bekerja, ada yang sudah menikah bahkan ada yang sudah punya anak. Yah begitulah kehidupan dewasa, kita akan berakhir sendiri lagi dan terasa asing kembali seperti ketika kita belum mengenal.

Dulu, saat masih kecil ketika sholat tarawih berlangsung kita selalu berada di shof paling belakang agar ketika kultum sedang berlangsung kita bisa tiduran tanpa ada yang tau bahwa kita tidur waktu kultum atau ceramah berlangsung. 

Ada juga salah satu temanku yang jahil ketika sholat tarawih berlangsung ia menarik-narik mukena belakangku hingga rambutku kelihatan sampai kita pun tertawa bersama. Agak mengganggu orang-orang yang sholat tarawih sampai dimarahi habis-habisan sama orang tua kita. Tapi, itu tak membuat kita jera tetapi malah buat kita ketawa. Aneh juga kalau dipikir sekarang saat sudah dewasa, wkwkwk.

Dulu, saat masih kecil ketika kultum berlangsung aku selalu menulis isi kultum atau ceramah pak ustadz yang ceramah pada hari itu. Aku menulisnya di buku agenda Ramadhan yang diberikan guru agamaku sebagai tugas sekolah yang akan dikumpulkan saat Ramadhan telah berakhir. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline