Lihat ke Halaman Asli

Sekar Kinasih

Mahasiswi S1 Prodi Psikologi Universitas Sebelas Maret

Ricuh Strategi Upselling! Strategi Marketing yang Dianggap Menjebak Konsumen

Diperbarui: 9 Juli 2023   17:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Akhir-akhir ini, jagat maya dihebohkan dengan strategi penjualan Upselling yang kerap dianggap menjebak konsumen. Hal ini diduga bermula pada seorang pembeli di salah satu toko donat yang memviralkan keluhannya ke akun media sosialnya.

Si pembeli mengeluh lantaran harus menghabiskan uang lebih untuk roti yang tidak diinginkan sebelumnya. Hal ini diketahui bahwa setelah ia membeli roti yang diinginkannya, si penjual menawarinya roti tambahan tanpa dijelaskan lebih lanjut harga tambahan roti yang ditawarkan tersebut berapa. 

Karena penjual hanya menawarkan saja tanpa memberi penjelasan lebih lanjut, tanpa pikir panjang si pembeli langsung mengiyakan tawaran tersebut karena mengira roti itu adalah bonus.

Setelah  unggahannya viral, banyak netizen yang berkomentar dan mengeluhkan pengalaman terkena praktek Upselling yang pernah mereka alami.

Lantas apa sih upselling itu?

Pengertian Upselling

Upselling merupakan strategi marketing yang dilakukan untuk mempengaruhi minat pelanggan, dengan harapan pelanggan dapat membeli produk serupa dengan spesifikasi dan fitur yang lebih tinggi. 

Teknik upselling dilakukan untuk mendorong pembelian apapun, sebagai pembelian tambahan kepada pelanggan dengan opsi peningkatan (upgrade) atau premium, dengan begitu pelanggan bisa membeli dengan harga lebih tinggi. Teknik ini sudah banyak dipakai di berbagai bisnis, mulai dari hiburan, kuliner, dan pariwisata. 

Contohnya, ketika kita membeli minuman kopi di sebuah kafe, pihak penjual pasti akan menawari berbagai ukuran gelas kopi. Tawaran ini disertai juga dengan pilihan lainnya seperti jenis susu atau tambahan topping yang tentunya memiliki harga berbeda. Strategi ini bisa dikatakan upselling, dengan menawarkan ukuran lebih besar dan tambahan yang lain, diharapkan konsumen mau berbelanja lebih banyak.

Praktik upselling sebenarnya sah-sah saja dalam dunia marketing, karena termasuk salah satu strategi marketing. Namun perlu diperhatikan juga, bahwa dalam teknik ini penjual tidak boleh memaksa pembeli dalam melakukan upgrade produk. Penjual juga harus menjelaskan secara gamblang terkait tambahan produk yang ditawarkan.

Namun meski begitu, masih banyak pula penjual yang menggunakan strategi upselling dengan tidak transparan. Hal ini menyebabkan pelanggan mudah terkecoh dengan mengiyakan segala tawaran penjual dan akhirnya kaget saat melihat struk pembelanjaannya. Hal inilah yang akhirnya pelanggan menganggap dirinya ditipu atau dijebak oleh penjual.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline