Lihat ke Halaman Asli

Sekar Ayu

Universitas Jambi

Bullying Suatu Hama Pada Peserta Didik?

Diperbarui: 26 Februari 2024   21:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bullying di sekolah merupakan salah satu isu yang sangat serius dan memerlukan perhatian serius dari semua pihak terkait.
Fenomena ini tidak hanya berdampak negatif bagi individu yang menjadi korban, tetapi juga pada lingkungan sekolah secara keseluruhan. 

Korban bullying sering kali mengalami stress, kecemasan,dan bahkan depresi akibat perlakuan yang merendahkan dan menghina. Mereka mungkin merasa takut untuk pergi ke sekolah atau kehilangan minat pada pembelajaran yang pada gilirannya dapat menggangu perkembangan akademik mereka, tidak hanya dampak psikologis,bullying juga dapat  berdampak buruk pada perkembangan sosial atau fisik korban,mereka mungkin kesulitan membangun hubungan interpersonal yang sehat karena merasa kurang nya percaya diri


Yang pada akibatnya, kemampuan mereka dalam bekerja sama dan berkolaborasi bisa terhambat,yang merupakan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari maupun di tempat kerja kelak.
Oleh karena itu, diperlukan langkah- langkah preventif dan intervensi untuk mengatasi masalah ini yang dimana sekolah memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung serta pemahaman tentang nilai dan moral pada peserta didik harus di tekankan kembali.


Jika kita ingin menciptakan masyarakat yang inklusif dan berempati,kita perlu mengajarkan nilai-nilai tersebut sejak dini melalui pendidikan di sekolah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline