Lihat ke Halaman Asli

sekar alifah

Mahasiswi aktif Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Tips Agar Mata Anda Tetap Sehat

Diperbarui: 3 Januari 2023   16:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apakah Anda merasa ada masalah dalam penglihatan Anda akhir-akhir ini? Jika iya, maka ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, agar penglihatan Anda membaik kembali. Salah satu caranya dengan menjaga kesehatan mata Anda.

Agar mata terhindar dari penyakit yang bisa jadi sangat serius dan fatal, kita harus menjaga kesehatan mata kita. Mata adalah salah satu bagian terpenting pada tubuh, karena mata sendiri berfungsi sebagai indra penglihatan manusia. Akan berbahaya sekali jika mata kita tidak bekerja dengan optimal. Cahaya yang masuk melalui kornea, menuju pupil dan diteruskan ke lensa mata, sehingga kornea dan lensa dapat membelokkan atau membiaskan cahaya agar difokuskan ke retina, lalu otak memproses sinyal-sinyal tersebut dan menjadi sebuah bayangan yang akan terlihat itu merupakan cara kerja mata (Iswari dan Nurhastuti, 2018).

Penyakit yang timbul pada mata bisa disebabkan oleh kelalaian dalam menjaga kesehatan mata. Mata yang telanjur rusak akan sulit dikembalikan seperti semula. Maka, sangat penting bagi kita semua untuk menjaga kesehatan mata. Bagaimanakah caranya? Berikut cara-cara menjaga mata agar tetap sehat.

1. Periksa mata secara rutin ke dokter.

Cara yang pertama, kita dapat memeriksakan mata kita secara rutin ke dokter spesialis mata. (Dilansir dari Alodokter), dianjurkan untuk memeriksakan mata satu tahun sekali atau setidaknya 2 tahun sekali. Dalam pemeriksaan ini biasanya akan menjalani serangkaian tes untuk memeriksa fokus penglihatan dan jarak pandang. Jika setelah pemeriksaan ditemukan kerusakan pada mata, maka biasanya dokter akan menganjurkan untuk menggunakan kontak lensa atau kacamata dan memberikan obat yang sesuai dengan penyakit yang ditemukan. Oleh karena itu, setidaknya dalam 2 tahun Anda harus memeriksakan kondisi mata ke dokter spesialis mata. Apalagi, jika saat Anda merasakan adanya masalah pada mata, seperti penglihatan mulai kabur atau mata yang sering memerah maka Anda harus menyegerakan untuk pergi periksa ke dokter.

2. Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.


Apakah kalian sudah benar dalam memilih makanan? jika belum, maka segeralah untuk mengubah pola makan Anda menjadi lebih sehat. Mengonsumsi makanan yang sehat tentu sudah menjadi faktor terpenting di kehidupan kita selain menyehatkan tubuh, makanan yang sehat juga dapat berpengaruh terhadap perkembangan mata, contohnya dengan mengonsumsi ikan. Kandungan omega-3 pada ikan memiliki peran dalam perkembangan retina dan organ visual pada mata yang dapat menjaga kesehatan pada saraf mata. Selain mengonsumsi makanan sehat, Anda juga dapat meminum minuman yang memiliki pengaruh untuk perlindungan mata, seperti yoghurt. Yoghurt memang terkenal terkenal mengandung bakteri baik dan diperkaya oleh nutrisi, salah satunya adalah vitamin A dan seng yang baik untuk melindungi kornea mata dan mengoptimalkan penglihatan mata pada malam hari. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat menjadikan salah satu cara yang sangat diperlukan juga dalam menjaga kesehatan mata, lho.

3. Menghindari mata untuk terkena paparan sinar matahari langsung.

Cara selanjutnya untuk menjaga mata agar tetap sehat dengan menghindari paparan sinar matahari langsung. Saat berada di luar rumah yang memungkinkan kita terkena sinar matahari, usahakan untuk tidak melihat matahari secara langsung tanpa menggunakan kacamata anti sinar UV. Karena tersebut dapat mengakibatkan kerusakan dalam penglihatan mata kita, bahkan dapat mengalami kebutaan. Maka dari itu, jangan melihat matahari secara langsung tanpa menggunakan kacamata anti sinar UV atau kacamata photocromic, ya!

4. Jangan memaksakan mata untuk melihat gawai terlalu lama

Cara yang terakhir untuk menjaga mata dengan tidak terlalu memaksakan mata dalam berkegiatan sehari-hari. Misalnya bekerja hingga larut malam, begadang untuk menonton film, bahkan bermain game hingga berjam-jam tanpa mengistirahatkan mata. Itu yang membuat mata menjadi lelah bahkan sampai mata menjadi memerah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengistirahatkan mata selama 20 detik setiap 20 menit sekali. Coba untuk menerapkan metode 20-20-20 dalam mengistirahatkan mata. Caranya setiap 20 menit, lihat sesuatu dengan jarak pandang 20 kaki jauhnya selama 20 detik. Hal ini akan membantu mata anda untuk lebih segar kembali.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline