Lihat ke Halaman Asli

Sekar Adelia Nuriawati

Mahasiswa Administrasi Publik

Dipilih Dahulu agar Tidak Keliru! Sosialisasi Pemilihan Produk Pangan Asal Hewan yang ASUH

Diperbarui: 14 Agustus 2023   15:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2022/2023 telah melaksanakan program "Sosialisasi Pemilihan Produk Pangan Asala Hewan yang ASUH (Aman Sehat Utuh Halal)" di Balai Desa Mulur, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo pada hari Kamis, 20 Juli 2023. Kegiatan ini merupakan upaya mahasiswa Universitas Diponegoro untuk meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pemilihan produk pangan yang ASUH agar kesehatan terlindungi dan terhindar dari pemalsuan produk pangan. 

Kegiatan sosialisasi tentang pemilihan produk pangan asal hewan yang ASUH ini disampaikan oleh Adri Arga Saputra Mahasiswa Jurusan Peternakan Universitas Diponegoro dan dibantu oleh rekan-rekannya. Kegiatan ini diselenggarakan satu hari dan diikuti oleh sekitar 40 kader posyandu di Desa Mulur. Dalam sesi edukasi, mahasiswa Universitas Diponegoro memaparkan pengetahuan tentang konsep dan alasan pentingnya pangan ASUH secara jelas dan mudah dipahami oleh peserta. 

Dok. pribadi

Selain itu, mahasiswa Universitas Diponegoro juga membawakan aktivitas yang menarik agar para peserta lebih mudah memahami materi yang disampikan. Salah satu aktivitasnya yaitu melakukan praktek langsung cara pemilihan produk pangan asal hewan yang ASUH sehingga peserta dapat mencoba untuk menentukan sendiri produk pangan yang sesuai dengan konsep ASUH.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa Universitas Diponegoro berbagi pengetahuan dan informasi tentang pentingnya pangan ASUH dan cara pemilihannya. Salah satu mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini juga menyatakan bahwa kegiatan ini sangat informatif karena dapat meningkatkan edukasi dan wawasan masyarakat terutama ibu-ibu agar membeli, mengolah, dan mengonsumsi produk pangan yang ASUH. 

Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat, terutama dari ibu-ibu kadar posyandu yang mengapresiasi mahasiswa Universitas Diponegoro dalam memberikan edukasi pangan ASUH yang dapat melindungi kesehatan masyarakat. Mahasiswa Universitas Diponegoro juga bekerjasama dengan bidan desa agar informasi ini dapat tersampaikan dengan maksimal di masyarakat.

Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki peran penting di masyarakat yaitu meningkatkan kesehatan masyarakat salah satunya dengan pemberian edukasi pangan yang ASUH. Para mahasiswa membuktikan bahwa merek tidak hanya mendapatkan ilmu di bangku kuliah, tetapi juga menerapkan ilmu yang telah di peroleh untuk membantu masyarakat dan membangun negeri.

Dok. pribadi

Mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini juga sangat antusias dan bersemangat untuk melanjutkan upaya meningkatkan kesehatan masyarakat dengan pangan yang ASUH. Mereka bertekad untuk menjadi bagian dari solusi melindungi kesehatan masyarakat agar terhindar dari penyakit.

Secara keseluruhan, kegiatan sosialisasi pemilihan produk pangan asal hewan yang ASUH yang diselenggarakan oleh mahasiswa Universitas Diponegoro membuktikan bahwa mahasiswa mempunyai peran penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Mereka membuktikan bahwa ilmu dan rasa kepedulian hang didapatkan dari bangku kuliah dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan membantu membangun negeri.

Penulis       : Adri Arga Saputra

DPL             : Ir. Denis, S.T., M. Eng., IPM

Lokasi       : Desa Mulur, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline