Lihat ke Halaman Asli

SehatQ

SehatQ

Alasan Mengapa Varises Esofagus Bisa Muncul

Diperbarui: 1 Juli 2019   00:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi: SehatQ

Jika seseorang dikatakan mengalami varises, banyak orang mungkin menganggapnya sebagai varises di kaki, yaitu kondisi di mana pembuluh darah tampak melebar di kaki. Ternyata, tak banyak yang tahu jika varises juga bisa terjadi di esofagus atau saluran yang menghubungkan mulut dan kerongkongan. Berbeda dengan varises di kaki, varises esofagus lebih berbahaya dan dapat mengancam nyawa.

Varises esofagus muncul akibat terhambatnya aliran darah ke hati oleh bekuan ataupun jaringan parut di hati. Tidak semua orang dapat mengalami kondisi ini. Varises esofagus umumnya terjadi pada penderita penyakit hati kronis.

Disebabkan oleh penyakit hati

Semua jenis penyakit hati berat bisa menyebabkan varises esofagus. Sirosis merupakan penyebab umumnya dari kondisi ini. Lebih dari 90% penderita sirosis hati akan mengalami varises esofagus. Sebanyak 30% di antaranya akan mengalami perdarahan. Sirosis hati biasanya disebabkan oleh penyakit hati yang dipicu alkohol, perlemakan hati, dan hepatitis.

Hati merupakan organ yang berperan untuk membersihkan racun dari dalam darah. Sementara vena porta berperan dalam membawa darah menuju hati. Pada penderita penyakit hati, aliran darah menuju hati akan menjadi lambat sehingga tekanan dalam vena porta akan meningkat, agar darah dapat menuju hati.

Tekanan vena porta yang tinggi atau hipertensi portal akan mendorong darah menuju pembuluh dari sekitarnya, termasuk vena di esofagus. Dinding pembuluh darah yang kecil dan dekat permukaan menyebabkan pembuluh darah vena melebar dan membengkak menjadi varises.

Ketika tekanan pembuluh darah menjadi terlalu tinggi, varises dapat pecah dan menyebabkan perdarahan. Kondisi ini memerlukan penanganan segera karena dapat menyebabkan kehilangan darah dalam jumlah banyak hingga terjadi kematian.

Tidak semua varises esofagus akan pecah

Tidak semua orang yang mengalami varises esofagus akan mengalami perdarahan. Beberapa faktor yang meningkatkan risiko perdarahan, yaitu tekanan pembuluh darah vena porta yang tinggi dan varises berukuran besar. Semakin besar tekanan pada vena porta dan semakin besar ukuran varises, maka risiko perdarahan akan meningkat.

Selain itu, semakin berat penyakit hati yang dialami maka kemungkinan varises esofagus yang parah dan pecah akan meningkat. Bila penderita gemar mengonsumsi alkohol, sebaiknya dikurangi karena akan memperparah varises esofagus.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline