Lihat ke Halaman Asli

Sehat Simbolon

Mahasiswa Agribisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Kelompok Tani Amor: Berhasil Menciptakan Ketahanan Pangan di Kelurahan Pakualam dengan Sistem Hidroponik

Diperbarui: 23 Juni 2024   01:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kelompok Tani Amor Kelurahan Pakualam

TANGERANG SELATAN - Kelompok Tani Amor di Kelurahan Pakualam telah berhasil menerapkan program RW Mantap (Mandiri dan Tahan Pangan) melalui sistem hidroponik, dengan mengembangkan inovasi urban farming menggunakan teknologi hidroponik untuk menghasilkan sayuran yang sehat dan beragam. Sistem hidroponik memungkinkan tanaman tumbuh dengan nutrisi yang tepat untuk mengurangi penggunaan air dan pupuk secara signifikan.

Kelompok Tani Amor juga menggunakan limbah kotoran lele sebagai pupuk organik dalam memproduksi sayuran Aquaponik dan Hidroponiknya. Penggunaan pupuk organik ini akan membuat biaya produksi menurun dan produktivitas meningkat. Dengan demikian, sistem hidroponik ini sangat efektif untuk meningkatkan kualitas hasil panen dan memastikan ketahanan pangan di Kelurahan Pakualam.

Selain itu Kelompok Tani Amor juga mendapatkan bantuan dari pihak pemerintah dan juga pihak swasta dalam mengelola Usahatani yang dijalankan "Kelompok Tani Amor telah menerima bantuan berupa alat hidroponik, pakan serta kolam budidaya lele dari CSR Indah Kiat  dan DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan), untuk membantu meningkatkan kemampuan produksi Kelompok Tani Amor. Dengan demikian, Kelurahan Pakualam sekarang memiliki sumber daya yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat dan meningkatkan kualitas hidup mereka". tutur Pak Paimin selaku Ketua Kelompok Tani Amor Kelurahan Pakualam.

Dengan menggunakan sistem hidroponik, Kelompok Tani Amor dapat mengurangi penggunaan air dan pupuk, serta memanfatkan lahan yang terbatas di Kota Tangerang Selatan. Dengan demikian, Kelompok Tani Amor telah menciptakan ketahanan pangan yang efektif dan efisien di Kelurahan Pakualam. Mereka telah meningkatkan kualitas hasil panen dan mengurangi biaya produksi dengan menggunakan sistem hidroponik yang efektif.

Ketua Kelompok Tani Amor, Pak Paimin juga mengungkapkan"kalo panen biasanya Kelompok Tani Amor menjual hasil panennya kepada pedagang pengumpul dan masyarakat lingkungan sekitar, namun yang diprioritaskan adalah warga sekitar yang kurang mampu dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga di pasaran, jika di pasar biasa dijual dengan harga Rp.25.000/Kg disini kami menjual untuk warga dengan harga Rp.10.000 - Rp.15.000/kg". tuturnya

Kelompok Tani Amor telah menjadi contoh bagi masyarakat setempat untuk meningkatkan kualitas hidup dengan menggunakan sistem hidroponik yang efektif dan efisien. Mereka telah meningkatkan kemampuan produksi dan mengurangi biaya produksi dengan menggunakan limbah perternakan sebagai pupuk organik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline