Lihat ke Halaman Asli

Sefri Ton

Sang Pujangga

Threads, 30 Juta Pengguna Media Sosial

Diperbarui: 8 Juli 2023   10:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Logo Threads dari Meta Platforms Inc. Sumber: CNNIndonesia.com

Media sosial belakangan ini berkembang sangat cepat. Sebut saja perusahaan Meta Platforms, Inc., bentukan  Mark Zuckerberg dan teman-temannya per tanggal 6 Juli 2023 secara resmi meluncurkan platform baru yang dinamakan Threads. Platform media sosial ini mendapat respon dari pengguna media maya. Baru saja di luncurkan sekitar empat jam sudah platform ini langsung diunggah sebanyak 5 juta pengguna dan bertambah dua kali lipat menjadi 10juta pengguna dalam waktu tujuh jam dan mencapai 30juta perhari. Hal ini menjadi hal yang sangat luar biasa bagi sang pengembang.

Threads ini diklaim oleh berbagai pihak bahwa ini merupakan pesaing dari platform Twitter. Platform twitter sebelumnya lewat CEO-nya yakni Elon Musk telah membatasi para penggunanya dalam menggunakan akunnya untuk memberikan tweet atau postingannya dalam sehari. Kebijakan pembatasan twitter ini yang banyak dikeluhkan oleh penggunanya. Disaat yang bersamaan Meta justru sedang mengerjakan projek Threads sejak awal tahun baru 2023. Projek itu diberi nama project 92.

Threads ini menduplikat beberapa perangkat dari instagram, bahkan disebutkan oleh Adam Mosseri (CEO instagram) bahwa banyak fitur dimasukkan dalam Threads. Hal ini juga terbukti bahwa threads langsung dihubungkan dengan instagram. Secara pengalaman pribadi saya mendaftar akun threads langsung mengunakan atau samakan dengan akun instagram.

Postingan Threads ini mirip twitter yakni tulisan, namun secara tampilan tampak seperti instagram. Threads memiliki unggahan sampai 500kata/karakter, bisa menyertakan foto, video durasi sampai 5menit, maupun link suatu postingan. Sejak dilirik bisa diakses di sebagian besar belahan dunia yakni 100negara.

Pengguna media sosial mungkin perlu mencari sensasi baru dengan berselancar menggunakan aplikasi ini. Fitur-fitur dari threads antara lain Home, Profil, Unggahan Threads, Replies, Activity dan Search. Ketika menggunakan aplikasi ini, kita bisa mengatur siapa saja yang membalas postingan. Hal ini sama persis seperti dalam pengaturan pada twitter. Aplikasi ini mungkin akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan masukan dari pada pengguna media sosial.

Apakah platform ini akan mampu bertahan dalam persaingan media sosial? Apakah threads ini juga ramah dengan pengguna? Apakah threads bisa mendatangkan keuntungan bagi para pebisnis mudah di Indonesia? Mungkin hanyalah waktu yang bisa menjawab. Yang jelas saya secara pribadi sudah membuat akun Threads loh..!! hehehe.. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa tinggalkan komentarmu terkait aplikasi Threads..!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline