Lihat ke Halaman Asli

Seby Mandut

pelajar/mahasiswa

Restorasi Perekonomian Indonesia di Era SBY dan Jokowi

Diperbarui: 6 Juli 2022   01:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Restorasi perekonomian indonesia diera sby dan jokowi 

indonesia adalah salah satu negara berkembang dengan segala isi bumi yang patut kita syukuri. saat ini kita sebagi generasi milineal udah banyak melihat, mempelajari dan mengetahui apa saja yang terjadi pada bumi pertiwi kita. saya sebagai salah satu generasi milenial sedang mengamati dan mempelajari bagai mana dan apa saja yang berkaitan dengan perekonomian bumi pertiwiw kita indonesia.

perekonomian indonesia mengalami restorasi dari tahun ke tahun, ini terjadi ada perubahan keadaan dan kondisi ekonomi kita yang selalu naik turun. kondisi perekonomian global yang masih mengalami tekanan akibat krisis menghadapkan perekonomian indonesia pada sejumlah tantangan yang tidak ringan selama tahun 2009. 

tantangan ini mengemuka pada awal tahun 2009, sebagai masih kuatnya dampak krisis perekonomian yang mencapai puncaknya ditahun triwulan 1 2009. menghadapi tantangan ini pemerintah indonesia harus mengalami kebijakan untuk menjaga kestabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan indonesia serta mencegah turunya pertumbuhan ekonomi lebih dalam melalui kebijakan moneter dan fiskal.

pada tahun 2010 pertumbuhan ekonomi indonesia agak semakin meningkat seiring seiring pemulihan ekonomi dunia pasca krisis global yang terjadi sepanjang 2009, dan kemungkinan ekonomi berpotensi tumbuh jauh di atas perkiraan masyarakat maupun pemerintah. 

dari tahun ketahun diera SBY perkonomian indonesia hampir semakin meningkat walaupun setiap tahun mengalami ancaman dan gangguan krisis ekonomi pemerintah masih tetap bisa mengendalikan prekonomiannya.

di era JOKOWI pertumbuhan ekonomi masih tetap sama degan era SBY sampai ahir tahun 2019 ahir, dari awal tahun 2020 indonesia mengalami gangguan perekonomian karna adanya covid-19 yang menghantam kesehatan dan pertumbuhan ekonomi di semua daerah indonesia, krisis ekonomi ini membawa masyarakat indonesia menjadi penganggurn massal karena lapangan pekerjaan sudah di tutup dan pemerintah melarang keras untuk bekerja.

 bagaimana pun, fakta-fakta itu terlihat jelas pada masa-masa sekarang, terdapat perlambatan respon dimana-mana yang pertama, instrumen yang diperlukan tidak singkron antara sektoral. kedua, target yang di bebankan rata-rata tidak tercapai.

saya kira, kesadaran akan hal inilah yang timbul dibenak kita masyarakat indonesia maupun pemerintah, sehingga perlu restorasi perekonomian dan teritorialisasi regional kapital itu berusaha diralat, diubah dengan sebuah pendekatan baru, membangun indonesia dari pinggir, 

tidak hanya itu pemerintah sekarang mengikuti pemindahan ibu kota baru dari jakarta pindah ke kalimantan timur, gagasan ini sudah sangat lama terpendam dalam rahim bumi pertiwi. pemindahan ibu kota ini sangatlah tepat karena posisi yang strategi, supaya kemajuan dan pembangunan merata di seluruh wilayah indonesia ini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline