Lihat ke Halaman Asli

Sebulir Pengabdian

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa UMM

Pupuk Organik Cair (POC) Limbah Jeruk

Diperbarui: 26 Maret 2021   14:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DPL : Gina Harventy, SE.,Ak., M.Si., CA

Pupuk merupakan salah satu bahan yang terpenting dalam menanam tumbuhan, baik sayur-mayur maupun buah-buahan. Ada beragam jenis pupuk, mulai dari pupuk organik yang dibuat dari bahan alami hingga pupuk buatan yang terbuat dari campuran bahan-bahan kimia. Meskipun terbuat dari bahan yang berbeda, 2 jenis pupuk tersebut memiliki kegunaan dan manfaat masing-masing yang dapat menyuburkan tanaman.

Desa Petungsewu merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Dau Kabupaten Malang yang memiliki lahan yang subur. Dengan adanya lahan yang subur ini, masyarakat memanfaatkan lahannya untuk menanam buah-buahan dan sayur mayur. Akan tetapi, masyarakat lebih banyak yang menanam buah jeruk. Karena pohon jeruk ada dlam jumlah yang banyak, kami memanfaatkan limbah jeruk busuk yang ada di lahan masyarakat untuk dijadikan Pupuk Organik Cair (POC).

DPL : Gina Harventy, SE.,Ak., M.Si., CA

POC dari limbah jeruk ini dibuat dari bahan-bahan alami diantaranya jeruk busuk, gula, air dan yang dapat menyuburkan tanah dan tumbuhan. Dibuat dari bahan yang alami, POC tidak akan merusak kandungan dalam tanah maupun merusak tanaman. Dengan adanya limbah POC buah jeruk yang sudah kita buat, diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang ada di Desa Petungsewu.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline