Lihat ke Halaman Asli

Sebulir Pengabdian

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa UMM

Sebulir Pengabdian Bersama Ponkesdes

Diperbarui: 14 Maret 2021   17:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Team Sebulir Pengabdian bersama PONKESDES - Dok.pri

DPL : Gina Harventy., S.E.,M.Si,Ak.

[PMM UMM Kelompok 2 Gelombang 1 2021]

Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) adalah sarana kesehatan yang berada di desa / kelurahan yang merupakan pengembangan dari Pondok Bersalin Desa (Polindes) sebagai jaringan pelayanan kesehatan. Tujuan Ponkesdes adalah menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang berkualitas serta meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang yang bertempat tinggal di desa / kelurahan, agar terwujud derajat kesehatan masyarakat di desa / kelurahan yang setinggi-tingginya.

PONKESDES di Desa Petungsewu beranggotakan ibu-ibu PKK Petungsewu sendiri. Menurut Ibu Nasriah, PONKESDES di Desa Petungsewu memiliki program rutin yaitu Posyandu Balita, dimana posyandu ini dilaksanakan 1 Bulan 4 kali dengan pembagian per RW. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Sebulir Pengabdian dilakukan di RW.2 Desa Petungsewu dengan melaksanakan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dan membantu pelaksanaan kegiatan Posyandu di RW.2.

Jumlah peserta Posyandu biasanya mencapai 50 orang, namun pada kegiatan hari itu hanya 16 orang. Hal ini disebabkan cuaca yang kurang baik dan adanya kegiatan warga sehingga menyebabkan peserta yang hadir tidak seperti biasanya.

Kegiatan Posyandu di Desa Petungsewu - Dok.pri

Besar harapan PONKESDES kepada masyarakat Desa Petungsewu untuk tetap mengikuti Posyandu setiap bulannya ini dengan tujuan melihat perkembangan dan kesehatan balita, meskipun dalam masa pandemi. Pihak PONKESDES tetap melaksanakan sesuai protokol kesehatan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline