Lihat ke Halaman Asli

Sean Alvaro Laiman

Pelajar Sekolah

Klub Menulis Blog

Diperbarui: 9 November 2022   20:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada 19 Oktober 2022, seluruh siswa kelas 6 di sekolah Candle Tree ditugaskan untuk menulis blog hingga akhir bulan Oktober. Saat kegiatan menulis blog selesai, guru Bahasa Indonesiaku, Miss Elen membentuk Klub Menulis Blog untuk siswa yang tetap ingin menulis. Awalnya, aku tidak terlalu ingin bergabung di klub tersebut. 

Setelah mempertimbangkannya, aku memutuskan untuk bergabung di klub menulis blog karena ingin meningkatkan kreativitasku. Sayangnya, aku hanya menulis satu blog saat sudah bergabung di klub itu karena aku masih memiliki banyak Pekerjaan Sekolah (PR). Tetapi, aku sudah berusaha untuk memikirkan ide untuk menulis blog. Pada Sabtu 5 November, diadakan pertemuan siswa anggota klub menulis blog lewat aplikasi Zoom. Aku mengikuti pertemuan tersebut, jadi aku akan menjelaskan kegiatan di pertemuannya. Pertama-tama, kami menunggu hingga jam sepuluh pagi untuk memulai pertemuannya. Sambil menunggu, kami diiringi lagu Pelajar Pancasila karya Kikan Namara dan Eka Gustiwana. 

https://youtu.be/Lz7Drdz-vLg

Menurutku, lagu tersebut sangat enak didengar dan menginspirasi. Pertemuan klub menulis diawali dengan doa pembuka yang dipimpin oleh Kayla, salah satu orang yang mewakili sekolah Candle Tree di Dokcil dan menyanyi Indonesia Raya. Diikuti dengan penjelasan Miss Elen tentang Indonesia emas 2045. Lalu Miss Elen menjelaskan tentang tugas klub menulis yaitu mengembangkan kemampuan ber literasi. Aku sangat setuju dengan tugas klub menulis karena Indonesia berada di posisi 62 dari 70 negara dalam bidang literasi. 

Miss Elen juga menjelaskan tentang tujuan Klub Menulis Blog yaitu mengajak orang berkumpul bersama untuk menceritakan hasil tulisannya dan menginspirasi satu sama lain untuk terus menulis blog. Lalu, Catherine Monique menjelaskan bagaimana cara daftar di kompasiana.com. Saat menjelaskan, terdapat beberapa kendala yang dialaminya. Tetapi, penjelasannya sangat jelas dan mudah dimengerti. Lalu, beberapa orang membagi  pengalamannya saat menulis blog. Sebenarnya, aku juga ditawarkan untuk membagi pengalamanku, tetapi aku menolaknya karena masih banyak tugas.  Menurutku, menulis blog adalah hal yang tidak begitu mudah tetapi menarik. 

Menulis blog merupakan hal yang tidak begitu mudah karena aku harus memikirkan sebuah ide dan menarik karena kita bisa menulis apapun yang kita mau dan bisa dibaca oleh semua orang di penjuru dunia. Pertemuan dilanjutkan oleh sesi tanya jawab. Saat sesi tanya jawab, ada satu pertanyaan yang membuatku tertarik. Pertanyaan tersebut menanyakan apa yang harus kita lakukan saat kehabisan ide untuk menulis blog. "Pertanyaan yang bagus, pertanyaanmu saja bisa dijadikan ide untuk menulis blog. Kita dapat mengambil ide dari hal yang kita lakukan sehari-hari, lho!" jawab Miss Elen. Pertemuan diakhiri dengan doa penutup yang dipimpin oleh Miss Elen. Menurutku, pertemuan tersebut sangat bermanfaat untuk adik kelas yang baru saja bergabung di Klub Menulis Blog dan juga untukku. Di pertemuan tersebut, kita dapat belajar tentang generasi emas Indonesia 2045, cara mendaftar di kompasiana.com, dan masih banyak lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline