Keterkaitan dan kebergantungan antar manusia dengan manusia atau lainnya mendorong manusia untuk membentuk kelompok masyarakat di sebuah kelompok sosial. Adapun juga untuk memahami pengelompokan sosial di sekolah dari sudut pandang dan pendekatan dari siswa dan guru. Penulisan ini untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya nilai-nilai sosial dan keagamaan selain itu juga untuk membangun empati dan toleransi antar siswa untuk meningkatkan kualitas hubungan antar guru, siswa ,dan orang tua. Tujuannya juga agar mengurangi konflik masalah disiplin dan membentuk karakter yang baik dan berakhlak mulia. Memahami, menerapkan, serta menganalisis pengetahuan faktual, konseptual Dan p prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan ,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalahnya.
Metode ini bisa dilakukan dari pembelajaran siswa seperti pembelajaran berbasis masalah (PMB) untuk meningkatkan kemampuan analisis dan pemecahan masalah contohnya melakukan diskusi untuk mendapatkan hasil dari semua semua lalu bisa juga dan pembelajaran berbasis proyek (PBP) untuk mengembangkan keterampilan kerjasama dan manajemen proyek contohn.
Hasil penelitian menunjukkan sumbangan peran guru sebagai pendidik mengajar sebesar 62, 7% sumbangan sikap sosial siswa sebesar 67, satu persen sumbangan tanggung jawab sosial siswa sebesar 62,7%.
Peran guru sebagai pendidik dan pengajar terbukti berpengaruh positif dalam meningkatkan sikap sosial dan peran guru juga penting untuk meningkatkan tanggung jawab sosial siswa
Kesimpulan bahwa guru sebagai pendidik mengajar dapat mempengaruhi sikap sosial dan tanggung jawab sosial dengan cara guru memberikan contoh langsung dan spontan pada siswa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H