Lihat ke Halaman Asli

Santi Djiwandono

Komunikator Handal

Everything Communicates

Diperbarui: 21 Agustus 2019   13:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Semua hal yang kita lakukan, kenakan, kendarai, semuanya menyampaikan pesan kepada orang lain. Sadar atau tidak, itulah faktanya. Jadi jika kita dikesankan galak oleh orang lain - yang mungkin pas bicara keras-keras, tidak sangka anda ada di sekitar situ - bisa jadi karena semua yang kita lakukan, mengkomunikasikan "galak". 

Ketika kita dan sebagian besar teman dan kerabat kita merasa bahwa artis korea itu cakep-cakep dan gerakannya di panggung sangat memikat, itu juga karena mereka merencanakan komunikasinya, agar dianggap demikian. 

So, kalo dirimu ingin dikesankan cool, ya berkomunikasilah dengan cool - bicara cerdas, nada cenderung rendah, pakaian bersahaja dan rapi serta bersih, cara jalan pelan tapi pasti, ketika mendengarkan tatap mata yang sedang bicara, ikuti gerakan tubuhnya - itu tandanya kamu mendengarkan dengan respek. 

Begitu juga bahasa tubuh dan kata-kata di media sosial, kudu senada dengan citra yang ingin kamu bangun. Begitu ada yang tidak nyambung, pasti bahasa non-verbal yang akan lebih dipercaya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline