Lihat ke Halaman Asli

Folkative.com, Media Baru untuk Pegiat "Creative Culture"

Diperbarui: 27 Agustus 2018   04:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(dok. pribadi)

Media online Indonesia berlomba-lomba menjadi yang terdepan. Bak sebuah kompetisi liga sepakbola, tiap-tiap media meracik formasi terbaik, berburu ujung tombak paling tajam, produktif akan gol-gol indah; demi satu hal : memenangkan liga dan meraih predikat terbaik di kancah media online Indonesia

Folkative dengan jeli melihat celah untuk memilih basis audiens pembacanya. Mengusung pemberitaan tentang Creative Culture dan menyasar kalangan milenial, konten-konten budaya pop indonesia seputar news, arts, culture dan brand yang sedang banyak digandrungi, menjadi senjata utama Folkative.

Dibangun pada tahun 2016 dan tidak ada sumber yang mengatakan siapapun pendirinya, folkative berhasil mencapai visinya. Folkative menyebut dirinya sebagai sebuah platform media. Mengingat karakteristik media baru (digital, interactivity, hypertextual, network, virtual, & simulated) yang dipaparkan Lister, dkk (2009), apakah benar?

Berikut terdapat analisis karateristik new media dalam Folkative.com :

1. Digital

tentu yang  pertama adalah digital. Digital sendiri berarti ketika teks, gambar, diagram, foto, video  dapat diakses secara online. Aspek tambahan dari Folkative adalah mereka memanfaatkan media lainnya yaitu instagram dengan sangat baik. dengan target pembaca yaitu kaum muda, maka instagram juga menjadi pendukung dalam penyebaran informasi Folkative.

(dok. pribadi)

2.Interactive. 

Interactive yang dimaksud adanya turut serta dari seorang pembaca yang dapat memberikan masukan atau mengubah teks, gambar, atau apapun yang dimuat dalam media tersebut. Dalam folkative pembaca dapat memberikan komentar, membagikan konten, dan lainnya. Memberikan akses yang luas bagi pengguna akan membuat pengguna merasa memiliki keistimewaan lebih dan dapat berinteraksi.

(dok. pribadi)

3. Hypertextual. 

Adalah kemampuan dari sebuah teks dalam media yang memberikan pengguna, akses menuju konten lainnya. Seperti sebuah link berbentuk tulisan yang menggiring pembaca membaca lebih jauh dan lebih luas. Hal ini dibuat secara sangat simpel, namun secara tidak disadari, pembaca terus mengkonsumsi informasi dari media tersebut.

(dok. pribadi)

 4. Virtual. 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline