Lihat ke Halaman Asli

Sean David

Berkarya

Pengangguran Harus Diatasi

Diperbarui: 10 Desember 2019   16:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pengangguran yaitu angkatan kerja yang belum mendapat kesempatan bekerja , tetapi sedang mencari pekerjaan atau orang yang mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin memperoleh pekerjaan . Di Indonesia cukup banyak juga orang yang menganggur atau belum memperoleh pekerjaan. Menurut Badan Pusat Statistik ( BPS) mencatat jumlah pengangguran di Indonesia naik 50 ribu orang pada Bulan Agustus 2019 ,  jumlah pengangguran tersebut lebih meningkat dibanding dengan Agustus 2018 yang hanya mencapai 7 juta orang. 

Menurut kepala Badan Pusat Statistik yaitu Suhariyanto mengatakan bahwa rata rata jumlah pengangguran di Indonesia tidak pernah kurang dari 7 juta orang .  Walaupun jumlah pengangguran naik tetapi menurut Suhariyanto selaku kepala BPS tingkat pengangguran terbuka pada Agustus 2019 menurun dibandingkan pada Agustus 2018 . Pada Agustus 2019 mencapai 5,28 persen. Sedangkan pada Agustus  mencapai angka 5,34 persen . 

Angka pengangguran di negara Indonesia ini seharusnya lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah Indonesia sehingga di Indonesia tingkat pengangguran nya bisa menurun .  Sebaiknya lebih disediakan lagi atau ditambahkan lapangan pekerjaan agar masyarakat Indonesia tidak banyak yang menganggur lagi ,  juga memberikan pelatihan kerja ,  dan meningkatkan mutu pendidikan. Bagi masyarakat nya juga sebaiknya bisa meningkatkan jiwa kewirausahaan dalam dirinya agar segera mendapatkan pekerjaan. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline