Lihat ke Halaman Asli

SD EkaTjipta Hanau

Sekolah Swasta di bawah naungan Yayasan Dharma Eka Tjipta Widjaja

Siswa SD Eka Tjipta Hanau Ikuti Kaji Tiru Bersama Disdik Seruyan

Diperbarui: 6 Desember 2023   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: SD Eka Tjipta Hanau

Hanau-Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan melaksanakan kegiatan "Kaji Tiru" dengan rute Palangka Raya dan Banjar Baru pada tanggal 28 November s/d 02 Desember 2023. Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan dengan orientasi pemberian apresiasi terhadap kepala sekolah, pendidik, maupun siswa berprestasi dalam ajang perlombaan di bidang pendidikan dari jenjang PAUD, SD, dan SMP Kabupaten Seruyan.  

SD Eka Tjipta Hanau merupakan salah satu sekolah yang mengikuti kegiatan ini dengan diwakili siswa yang memenangkan lomba OSN Matematika tingkat Kabupaten Seruyan, yaitu siswa a.n Fadhil Yaqdan Nasrullah bersama Bapak Romiandi Irwan Rachman, S.Pd.,Gr sebagai pembimbingnya. Ada sebanyak 121 orang yang termasuk kepala sekolah, pendidik, dan siswa yang menjadi  peserta rombongan kegiatan Kaji Tiru berangkat bersama Pj Bupati, Sekda, dan Disdik Kabupaten Seruyan menuju kota Palangka Raya dan Banjar Baru. 

Agenda pertama yaitu berkunjung ke Museum Balanga Palangka Raya. Di Museum Balanga ini rombongan Kaji Tiru Disdik Seruyan diperlihatkan barang-barang budaya (artefak) sekaligus belajar mengenai kultur budaya dari masyarakat suku Dayak Kalimantan Tengah.

Sumber: SD Eka Tjipta Hanau

Sumber: SD Eka Tjipta Hanau

Beralih menuju kota Banjar Baru provinsi Kalimantan Selatan, rombongan Kaji Tiru Disdik Seruyan mengunjungi beberapa tempat, yakni Dinas Pendidikan kota Banjar Baru, sekolah percontohan, kantor wali kota Banjar Baru, pusat wisata, dan pusat perbelanjaan modern yang ada di wilayah kota Banjar Baru. Kunjungan ke sekolah percontohan menjadi kegiatan yang dirasa paling berkesan. Bersama dengan Disdik kota Banjar Baru kelompok siswa SD beserta pembimbingnya diarahkan untuk mengunjungi SDN 2 Loktabat Selatan yang kerap kali dikenal sebagai "Sekolah Idaman" di wilayah kota Banjar Baru. 

Sumber: SD Eka Tjipta Hanau

Bertepatan dengan dilaksanakannya kunjungan oleh rombongan Kaji Tiru Disdik Seruyan, SDN 2 Loktabat Selatan melaksanakan kegiatan sekolah, yaitu Hari Guru dan Puncak Tema. Rombongan Kaji Tiru Disdik Seruyan turut menyaksikan dan menikmati pagelaran tari tradisional, panen karya, maupun market day. Tidak sebatas menikmati kegiatan sekolah, guru SDN 2 Loktabat Selatan mengeksplor sekolahnya dengan mengajak rombongan Kaji Tiru Disdik Seruyan untuk berkeliling area sekolah sembari menjelaskan keunggulan SDN 2 Loktabat Selatan. Banyak hal yang dipelajari dari SDN 2 Loktabat Selatan ini, terlebih mengenai kultur pendidikannya. 


Sumber: SD Eka Tjipta Hanau

Di puncak kegiatan pada 01 Desember 2023 ini Pj Bupati, Sekda, Kadisdik Seruyan bersama sebagian guru dari rombongan Kaji Tiru mengikuti kegiatan di Kantor Wali Kota Banjar Baru. Kegiatan inti menjelaskan mengenai profil wilayah dan profil pendidikan kota Banjar Baru oleh narasumber Kadissos dan Kadisdik kota Banjar Baru. Kemudian, pada pukul 08.00 WITA, 02 Desember 2023 Pj Bupati dan Kadisdik Kabupaten Seruyan melakukan penutupan dan pelepasan terhadap rombongan Kaji Tiru untuk kembali ke Kabupaten Seruyan. 

Kegiatan ini sangat berkesan bagi SD Eka Tjipta Hanau, khusunya bagi siswa dan guru yang mengikuti kegiatan Kaji Tiru. Pengalaman luar biasa ini menjadi motivasi bagi guru dan siswa SD Eka Tjipta Hanau untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi. Romiandi menyampaikan "Adanya Kegiatan ini sebagai suatu apresiasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan atas pencapaian peserta didik kami sehingga dapat menjadi sarana untuk belajar hal-hal baru dan menambah jejaring pertemanan serta dapat memotivasi warga sekolah untuk terus berusaha di setiap kesempatan, Semangat!!" kesannya. 

 

-Waka Humas




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline