Lihat ke Halaman Asli

Teknolog Acak

Follow di Twitter @ScrambledTech

Mengenal Teknologi Canggih yang Tinggal Kenangan 10 Tahun Lalu

Diperbarui: 30 Desember 2019   14:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

digitaltrends.com

Di penghujung tahun 2019 ini, ada beberapa catatan yang kami buat. Salah satunya adalah teknologi canggih yang kini tinggal kenangan. Apa saja itu? 

1.  TV Plasma

Sebenarnya ini TV canggih. Kontrasnya kuat, warna hitamnya oke, dan lebih unggul dibanding LED. Tapi mengapa tidak diproduksi lagi? Ya karena dianggap tidak ekonomis. Salah satu produsen TV Plasma paling kondang adalah Panasonic. TV Plasma dihentikan tahun 2014. 

2.  iPod

Ini adalah MP3 player buatan Apple. Pernah kondang di masanya, kini iPod sudah tidak diproduksi lagi. Mengapa? Ya karena iPhone sudah 'segala-galanya'. Telpon, internet, dan dengerin musik, semuanya bisa dilakukan melalui iPhone. 

3.  Zune

Zune adalah MP3 player buatan Microsoft. Dirancang untuk mengalahkan iPod. Tapi sayang, gadget ini tidak bertahan lama. Tahun 2009, Zune dinyatakan 'tewas' karena tidak sanggup bersaing dengan iPod. Dari bentuknya saja, Zune tampak lebih kaku dibanding iPod.      


4.   MP3

Baik iPod maupun Zune merupakan MP3 player. Tapi tahu tidak bahwa MP3 sendiri juga sudah tinggal kenangan? Sejak tahun 2017, Fraunhofer Institute, lembaga yang memiliki lisensi MP3, tidak lagi memperpanjang lisensi tersebut. Maka, tamatlah riwayat MP3.


5.   YM!, BBM, dan Instant Messenger

Dulu, sangat sulit lepas dari YM! (yahoo messenger) atau BBM (Blackberry Messenger). Apa-apa selalu tanya akun YM atau pin BBM. Tapi sekarang, keduanya tinggal kenangan, menyusun mIRC yang lebih dulu tewas. Kini orang lebih banyak memakai WA.   

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline