K-pop atau Korean Pop adalah salah satu aliran music yang disukai oleh masyarakat, tidak hanya untuk kalangan remaja saja, banyak juga orang dewasa yang masih menyukai aliran music tersebut. K-pop sendiri adalah produksi negara Korea Selatan yang ternyata sudah ada pada tahun 1990-an. Trend korea ini berawal dari serial drama-drama korea yang menjadi bahan perbincangan di media sosial seperti Facebook yang pada masa itu menjadi media sosial paling Hits. Drama tersebut salah satunya adalah Full House yang dibintangi oleh Rain (berperan sebagai Lee Young Jae) dan Song Hye Kyo (berperan sebagai Han Ji Eun), lalu ada juga drama korea yang menggemparkan pada tahun 2006 yaitu Boys Over Flowers yang merupakan re-create dari serial drama Meteor Garden yang berasal dari , Taiwan. Drama ini di bintangi oleh 5 pemeran utama yaitu Lee Min Ho, Koo Hye Sun, Kim Hyun Joong, Kim Bum dan Kim Joon. Berawal dari trend Drama Korea tersebut lalu melebar ke dunia musiknya. Di dalam industry musik korea, terdapat sebutan “Generasi” untuk tahun berapa idol music tersebut, dengan agensi nya masing-masing.
Di Korea Selatan terdapat “Top 3 Agency” yang men-debutkan idol-idol dengan kualitas mereka sebagai Public Figure yang tidak diragukan, entah dalah hal acting ataupun tarik suara dan menari. “Top 3 Agency” tersebut ialah, SM Entertaiment, YG Entertaiment dan JYP Entertaiment. Namun, pada tahun 2013 debut suatu boyband/boygroup dengan nama BTS yang debut melalui agensi bernama Big Hit Entertaiment yang sekarang sudah berganti nama menjadi HYBE membuat agensi tersebut masuk kedalam agensi terbesar di Korea Selatan, yang sekarang menjadi “Top 4 Agency”. Agensi dengan nama SM Entertaiment ini dipimpin oleh Lee Soo Man, agensi ini mempunyai logo yang ber-ciri khas dengan warna merah muda dengan tulisan SM yang berwarna putih. Agensi ini sudah melahirkan banyak sekali idol dengan kualitas terbaik di korea selatan, idol yang debut dari agensi ini sudah mempunyai ciri khas nya yaitu Visual mereka yang tampan dan cantik bak dewa-dewi dan juga kesantunannya. Banyak public figure di Korea maupun luar Korea Selatan yang sudah bisa langsung mengetahui apakah mereka dari agensi SM Ent atau bukan hanya dengan attitude mereka. SM Entertaiment sudah mendebutkan idol-idol seperti KangTa, BoA, TVXQ, Super Junior, SNSD, Shinee, F(x), EXO, Red Velvet, NCT, SuperM dan yang baru debut terakhir adalah AESPA. Salah satu Diva Indonesia juga akhirnya “di gaet” oleh SM Entertaiment ini, yaitu Rossa.
Beralih ke YG Entertaiment, agensi ini dikenal sebagai agensi yang mendebutkan Rapper dengan kualitas terbaik juga, agensi ini sudah mendebutkan beberapa Idol yaitu, Big Bang, 2NE1, Blackpink, Winner, iKon lalu terakhir yang baru debut yaitu Treasure.
Lalu JYP Entertaiment, agensi ini melejit dikarenakan mendebutkan satu girlgroup pada tahun 2009 dengan nama Wonder Girls, pada saat itu mereka mempunyai lagu berjudul “Nobody” yang masuk ke tangga music Billboard hot 100.
Bagaimana tentang “Generasi” di K-pop? Jadi, industry musik korea sudah memasuki generasi ke-4. Generasi pertama atau biasa disebut Gen-1 ada pada tahun 1990-an hingga awal tahun 2000-an, pada gen-1 ini terdapat beberapa grup yaitu Shinhwa, H.O.T, Fin.K.L, S.E.S, dan g.o.d. Pada masa gen-, tekhnologi belum terlalu canggih seperti sekarang sehingga tidak terlalu banyak masuk ke pasaran, sehingga banyak yang belum tahu tentang K-Pop.
Masuk ke generasi ke-2 atau Gen-2 yang ada pada tahun 2000-an hingga tahun 2009 melanjutkan gen-1, pada masa itu teknologi sudah berkembang sehingga banyak pasaran internasional yang sudah menegal k-pop dan gen-2 ini dianggap berjasa untuk industri music korea selatan. Idol yang berada di gen-2 adalah Super Junior, SNSD, TVXQ, Wonder Girls dan 2PM. Genre music di masa gen-2 sudah bervariasi. Pada masa gen-2 ini, agensi sudah banyak mengeluarkan merchandise dan juga Album, meskipun harga nya tidak bisa dibilang murah namun fans tetap memberikan dukungan kepada idol mereka. Fandom (sebutan untuk penggemar idol korea) pun sudah mulai terbentuk dengan nama seperti untuk fans Super Junior adalah ELF dan SNSD mempunyai nama fandom SONE.
Berlanjut ke Generasi ke-3 atau Gen-3, gen ini masih aktif hingga sekarang. Group dari gen ini adalah EXO, TWICE, GOT7 dan Black Pink. Banyak perkembangan yang terlihat di gen ini, seperti genre music dan konsep music video yang mereka punya. Pada gen ini informasi tentang boygroup/girlgroup sudah bisa diakses dimana pun dengan kualitas yang sudah terbilang oke, terdapat juga beberapa applikasi yang bisa memungkinkan mereka untuk berbincang dengan fans, namun banyak juga acara Fansign yang bisa dihadiri para fans untuk bertemu dengan idol mereka. Dilanjutkan dengan Gen-4 yang juga sedang aktif-aktifnya sekarang ini, terkadang gen-3 dan gen-4 pun mempunyai kolaborasi entah hanya di stage saat konser atau hingga mempunyai single duet mereka. Beberapa Idol di gen-4 ini adalah NCT (NCT 127, NCT Dream, Way v, NCT U) meskipun NCT ini sendiri masih menjadi topik hangat untuk netizen dikarenakan apakah mereka masuk ke Gen-3 atau sudah masuk Gen-4, lalu Aespa, Treasure dan juga di gen-4 ini terdapat Idol yang berasal dari Bali, Indonesia yaitu Dita Karang yang debut di girlgroup bernama Secret Number. Ini merupakan kali pertama debutnya warga Indonesia di industry korea.
Trend k-pop ini pasti akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan juga genre music itu sendiri, perkembangan k-pop ini bisa dibilang sangat pesat. Meskipun para fans k-pop ini sendiri sering disebut “Alay” dan beberapa hal yang tidak enak di dengar, namun tidak menghambat mereka untuk tetap menjadi fans idol dengan fandom nya masing-masing, dan menjadi kebahagiaan mereka tersendiri. Untuk itu, yuk saling menghargai hak mereka untuk suka dengan genre music apa, dari negara mana, Bahasa apa, karena semua music itu layak untuk didengar dan layak untuk di apresiasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H