Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan Ekonomi Kreatif Dalam Industri Game

Diperbarui: 24 September 2023   19:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Games. Sumber ilustrasi: Unsplash

Industri game telah menjadi salah satu sektor yang paling menguntungkan dan menarik dalam ekonomi kreatif. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi mengalami peningkatan. Hal itulah yang memicu perilaku konsumen terhadap pertumbuhan industri game ini

Sejarah Industri Game

Industri game modern berawal pada tahun 1970-an dan 1980-an ketika komputer pribadi pertama muncul di pasaran. Pada saat itu, game mendominasi pasar. Hal ini yang menjadi awal dari industri game di seluruh dunia menjadi besar

Seiring berjalannya waktu, permainan video tidak lagi hanya dianggap sebagai hiburan semata, tetapi juga sebagai bentuk seni. Kemajuan dalam grafis, musik, dan narasi telah menciptakan pengalaman mendalam bagi para pemain. Kini, game bukan hanya tentang mengalahkan lawan atau menyelesaikan misi, tetapi juga tentang mengeksplorasi dunia yang indah, merasakan narasi yang mendalam, dan terlibat dalam interaksi sosial yang menarik.

Seperti yang kita ketahui bahwa permainan video tidak hanya menjadi hiburan saja, tetapi Permainan modern (game) juga menjadi bentuk seni. Perkembangan grafis, musik, dan narasi dalam game telah menciptakan pengalaman yang mendalam bagi para pemain. Seiring dengan perkembangan teknologi, game semakin kompleks dan mendalam dalam sebuah pembuatan cerita serta mekanisme permainannya.

Beberapa tahun terakhir, industri game mengalami perubahan drastis dalam hal monetisasi. Game yang sebelumnya hanya dibeli sekali dan dimainkan kini cenderung mengandalkan model bisnis yang berbeda untuk menghasilkan pendapatan.

Apa sih yang dimaksut dengan monetisasi dalam game?

Monetisasi dalam game ini adalah cara game atau aplikasi permainan menghasilkan pendapatan. Ini adalah strategi bisnis yang digunakan oleh pembuat atau pengembang game untuk mendapatkan uang dari pemain atau pengguna. Monetisasi dalam game dapat dilakukan melalui berbagai model bisnis.

  • Pembelian dalam aplikasi (In-App Purchases)

Ini adalah salah satu model paling umum dalam game mobile maupun PC. Pemain dapat membeli item dalam permainan, mata uang virtual, karakter, atau konten tambahan dengan uang sungguhan. Contoh termasuk pembelian "gems" atau "gold" dalam game untuk meningkatkan kemampuan atau mempercepat kemajuan.

  • Iklan dalam game

Beberapa game memasukkan iklan, seperti iklan banner atau iklan video, yang muncul selama permainan. Pengembang game mendapatkan pendapatan dari pengiklan yang membayar untuk menampilkan iklan dalam game mereka. Pemain sering memiliki pilihan untuk menonton iklan untuk mendapatkan hadiah dalam permainan.

  • Game berbayar

Model game di mana pemain harus membayar sejumlah uang untuk mengunduh dan memainkan game. Setelah membayar, pemain biasanya tidak memiliki pembelian tambahan dalam permainan.

  • Game berlangganan
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline