Lihat ke Halaman Asli

Menjawab Permasalahan Warga Kelurahan Keputih, ScaffoldingClass Menjadi Program yang Bermanfaat Bagi Masyarakat

Diperbarui: 31 Oktober 2023   17:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya menggagas ScaffoldingClass di Kelurahan Keputih, Surabaya/Dokpri

Scaffoldingclass merupakan program PPK ORMAWA UKM Scince Community Universitas Muhammadiyah Surabaya, program ini bertujuan untuk menjawab kendala-kendala di beberapa wilayah keputih dimulai dari kenakalan remaja, TPQ yang tidak jalan, kurang tepatnya manajemen organisasi, minimnya pengetahuan budaya-budaya, dan kurang perkembangnya UMKM setepat.

Kendala-kendala yang ada itu membuat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya berkeinginan untuk mengatasinya dan meminimalisirnya dengan program Scaffolding Class, dimana terdapat 5 pojok yang di bangun; Pojok Sainstifik, Pojok Keagamaan, Pojok Digital, Pojok Budaya, dan Pojok Enterperenur.

Di RT.06/RW.08 Kelurahan Keputih saat mahasiswa Universitas Muhammadiyah surabaya observasi mendapatkan data bahwa wilayah tersebut terdapat kenakalan remaja, mengonsumsi narkoba dan banyak hal lainnya. Dari hal itu Scaffolding Class membangun pojok Sainstifik, berguna untuk mendekatkan pada remaja setepat dengan psikologi agar mental-mental mereka lebih kuat dan mereka dapat tempat cerita sehingga kendala-kendala yang ada bisa di minimalisir.

Lalu, di RT.04/RW.08 Kelurahan Keputih terdapat balai RT yang tidak digunakan dan disekitarnya terdapat TPQ yang kewalahan menghadapi anak-anak super aktif, terdapat ibu-ibu memiliki UMKM-UMKM namun tidak berkembang dan terdapat remaja-remaj yang masih melestarikan budaya indonesia.

Dari hal itu ScaffoldingClass memanfaatkan balai RT untuk dijadikan pojok keagamaan untuk membantu menghadapi anak-anak super aktif dengan cara mengaji dan bermain, pojok enterprenue menjadi wadah ibu-ibu dalam pengembangan UMKM dengan pembuatan akun marketplace dan di dampingi oleh mahasiswa untuk produk UMKM jauh lebih baik, dan pojok Budaya menjadi sarana untuk melestarikan budaya-budaya indonesia seperti wayang, batik, dan produk yang trend masa kini.

Wilayah terakhir terdapat di RT.01/RW.01 Kelurahan keputih, untuk wilayah ini masyarakatnya sangat aktif dan kompak namun dalam pengelolahan organisasinya masih kurang tepat, sebab itu Scaffolding Class membangun Pojok Digital dengan mengundang pemateri-pemateri yang luar biasa agar pengelolahan organisasi jauh lebih baik dimulai dengan pengelolahan akun, editing yang lebih upgreding, administrasi yang jauh lebih dan lainnya.

Dari 5 pojok ini ScaffoldingClass berusaha untuk menjawab kendala-kendala masyarakat keputih sehingga Masyarakat Keputih jauh lebih maju dan maju. Uniknya ScaffoldingClass akan berkelanjutan, sehingga masyarakat keputih yang akan melanjutkan Scaffolding class ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline