Lihat ke Halaman Asli

Pelaksanaan PLP 2 Mahasiswa PBSI Uhamka di MAN 4 Bogor

Diperbarui: 18 Agustus 2023   10:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) melakukan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolah (PLP 2) di MAN 4 Bogor. Kegiatan tersebut dilakukan pada 25 Januari 2022-22 Februari 2022. Kegiatan PLP 2 dilakukan dengan tujuan memberi pengalaman pada mahasiswa tentang proses belajar mengajar secara langsung.

Karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan PLP 2 di MAN 4 Bogor dilakukan secara BDR (Belajar Dari Rumah) dengan dibagi menjadi dua yaitu 50% siswa belajar secara tatap muka dan sisanya belajar melalui daring. Terdapat beberapa hambatan yang terjadi akibat kondisi tersebut, salah satunya yaitu kurangnya respon siswa terhadap pembelajaran yang diberikan oleh guru.

“Kurikulum dengan kondisi pandemi mengalami banyak hambatan salah satunya yaitu pihak sekolah menerapkan kurikulum yang ada, akan tetapi respon siswa terhadap pembelajaran jarak jauh yang dirasa masih harus banyak perbaikan” Ujar Agus selaku bidang kurikulum MAN 4 Bogor.

Kurangnya respon siswa tidak menjadi halangan para mahasiswa yang tengah menjalani PLP 2 di MAN 4 Bogor untuk tetap semangat mengajar. Setiap mahasiswa diberikan amanat untuk mengajar 3 kelas sekaligus atau terkadang sampai 5 kelas. Segala upaya dilakukan agar siswa tetap bergairah untuk melakukan proses belajar dengan baik, contohnya dengan memberikan permainan yang menarik, memberikan media belajar yang beragam, dan memberikan kuis pada saat proses pembelajaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline